Simakrama Dharma Santih, Puncak Hari Sunci Nyepi 1944 Saka

Jepara (Bimas Hindu) – Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah I Dewa Made Artayasa hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan Simakrama Dharma Santih pada hari Minggu, 27 Maret 2022 di Pasraman Radite Widya Kabupaten Jepara. Turut hadir Ketua Parisada Hindu Dharma Provinsi Jawa Tengah, Anak Agung Ketut Dharmaja beserta jajarannya.

.Kegiatan Simakrama Dharma Santih merupakan puncak seluruh rangkaian perayaan hari suci Nyepi 1944 Saka. Dalam Simakrama tersebut disuguhkan penampilan apik generasi muda Hindu dari Pasraman Radite Widya Jepara, diantaranya adalah Seni Tari, Seni Karawitan dan Dharma Wacana. Selanjutnya juga diselipkan penyerahan Piala Penghargaan dari para juara lomba yang diselenggarakan oleh panitia Nyepi umat Hindu Kabupaten Jepara.

Pembimas Hindu mengapresiasi kegiatan yang sangat luar biasa ini, potensi generasi muda harus digali dan dikembangkan seperti ini, umat Hindu Jepara mampu menjadi contoh bagi daerah lain. Selanjutnya menghimbau agara keharmonisan dan keselarasan ini jangan sampai hancur karena sebuah konflik, sebisa mungkin harus bisa mengelola dan menetralisir jika terjadi sebuah konflik.(ES/Sua)