Tingkatkan Budaya Literasi, MAN 3 Kebumen Adakan Lomba Musikalisasi Puisi

Kebumen –  Senin (14/03) MAN 3 Kebumen mengadakan Lomba Musikalisasi Puisi. Kegiatan yang diprakarsai Perpustakaan Darul Hikam MAN 3 Kebumen ini mengangkat tema “ Cara Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Karakter, Kompetensi, dan Kesejahteraan Hidup Seseorang adalah dengan Menanamkan Budaya Literasi (Membaca-Berfikir-Menulis).”

Bertempat di ruang Digital,  lomba ini diikuti oleh 26 peserta yang merupakan perwakilan dari kelas sepuluh dan sebelas. Sedangkan untuk juri diambil dari beberapa orang guru yang berkompeten untuk bisa memberikan penilaian.

Menurut kepala Perpustakaan, Hj. Siti Khomsatun, selaku ketua panitia, lomba ini diadakan untuk meningkatkan budaya literasi siswa siswi MAN 3 Kebumen serta menggali potensi siswa dalam puisi dan seni. Dalam lomba ini, peserta membawakan sebuah puisi karya Choirul Anwar yang berjudul Do’a.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi, menggembangkan kreativitas siswa,  serta mempromosikan Perpustakaan Darul Hikam melalui kegiatan lomba. Selain itu, juara dari lomba ini kelak dapat dibina lebih lanjut untuk mengikuti lomba-lomba serupa tingkat Kabupaten atau penyelenggara lainnya,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Ahmad Sultoni, mengungkapkan bahwa lomba ini bisa menjadi ajang positif untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang sastra dan seni.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan nantinya akan muncul penyair-penyair muda, Sapardi Djoko Damono atau Choirul Anwar muda dari MAN 3 Kebumen. Dan karena ini musikalisasi puisi, saya tunggu juga lahirnya musikus-musikus dari MAN 3 Kebumen,” pungkasnya.

Dari hasil penilaian dewan juri, kategori putra Juara pertama diraih oleh Asyfaq Ubayyu Aji, juara kedua diraih oleh M. Ilham Zulfikar, dan M. Adik Sampurno meraih juara 3.  Untuk kategori putri, Juara pertama diraih olehTalia Gesnita,  juara kedua diraih oleh Azka Qurnaeni, dan juara ketiga diraih Imas Dwi Novita.(dp/fz/bd).