Tingkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik, MTs Negeri 3 Kebumen Adakan Pelatihan  Robotic

Kebumen – Robotic dewasa ini sudah tidak asing lagi, bahkan banyak kompetisi robotic yang kerap diadakan. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi MTs Negeri 3 Kebumen. Madrasah yang akrab dengan julukan Matsaga itu terus berusaha meningkatkan daya kreativitas, minat dan bakat peserta didik, salah satunya dengan mengadakan TOT ( Training of Trainer) Robotic.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai 10 hingga 12 Maret 2022 di Aula MTs Negeri 3 Kebumen. Peserta didik yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 6 peserta didik, begitu juga guru yang ditunjuk mendampingi ada 6 orang. TOT ini menggandeng Racer Indonesia sebagai pengisi training, dengan pemateri  Aji Endro dan Firdi.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat dikembangkan untuk pemanfaatan teknologi tepat guna, seperti untuk pengolahan sampah, penyiraman tanaman, perawatan tumbuhan, sehingga dapat mendukung program adiwiyata madrasah.

“Tetapi tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan daya kreativitas anak, berfikir kritis dan kreatif, serta meningkatkan percaya diri,” ujar Jahroni.

Materi yang diajarkan pada pelatihan ini masih tergolong dalam level basic+ intermediate di antaranya Mechanic: blocks ,Pre‐coding Board, dan Coding Boards. “Saya harap peserta didik yang ditunjuk bisa memaksimalkan kesempatan ini dengan baik,” pesannya.

Materi yang dipelajari pada hari pertama Kamis, 10 Maret 2022 adalah pengenalan tentang robot itu sendiri. Hari kedua Jumat, 11 Maret 2022 yaitu pembuatan robot dan hari ketiga Sabtu, 12 Maret 2022 masih pembuatan robot dengan aplikasi 3D dimana pembuatan robotnya melalui komputer.

Menurut salah satu peserta pelatihan robotic, Hamdan Rifai pelatihan ini sangat menyenangkan karena dapat memberikan pengalaman dan ilmu baru. “Saya ingin bisa mengikuti perlombaan robotic untuk kedepannya,” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dan menjadi wadah kreativitas peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Madrasah berusaha memfasilitasi kreativitas peserta didik guna meningkatkan kemajuan MTs Negeri 3 Kebumen. (nh/fz/bd).