Tingkatkan Kualitas Teknologi Digital, MTs Negeri 8 Kebumen Rekrutmen Tenaga IT

Kebumen – Transformasi digital merupakan suatu syarat mutlak di saat semua sendi kehidupan telah didukung oleh teknologi digital yang terus berkembang. Sistem pelayanan administrasi data yang akurat dan cepat telah menjadi keharusan bagi lembaga pemerintah sebagai wujud pelayanan publik yang prima. Menyambut era digital yang saat ini sedang bergaung, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Kebumen mulai menata sumber daya manusianya dengan mengadakan rekrutmen tenaga pengadministrasi yang berkualitas dan melek digital.

Berdasarkan pengumuman Nomor : 213/MTs.11.05.08/KP.00.2/03/2022 tentang informasi rekrutmen tenaga pengadministrasi, Kamis (24/03) sejumlah 3 pendaftar dinyatakan lolos tes seleksi dan berhak mengikuti tes wawancara di laboratorium komputer MTs Negeri 8 Kebumen. Setelah melalui proses seleksi, wawancara dan uji kemampuan membaca Al Qur’an, akan direkrut 1 orang yang kompeten dan hasilnya diumumkan pada Jum’at (25/03).

Sebelumnya di tempat yang sama 25 pendaftar dengan latar belakang pendidikan Sarjana bersaing ketat mengikuti proses seleksi awal melalui uji kompetensi di bidang aplikasi Desktop, Web dan desain Grafis.

Muhiban selaku kepala madrasah menyampaikan, rekrutmen ini dilaksanakan untuk mencari pegawai yang memiliki dedikasi, motivasi, keahlian dan kemampuan sesuai persyaratan kompetensi. Untuk meningkatkan kualitas satker di era globalisasi  dibutuhkan sarana dan prasarana Information Technology (IT) yang memadai. Hal tersebut akan terlaksana, jika didukung oleh pegawai dengan kemampuan yang bisa diandalkan selaras pesatnya perkembangan teknologi.

“Di era digital saat ini kemampuan penggunaan IT menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pengukuran kompetensi untuk rekrutmen pegawai sekarang dan di masa mendatang” terangnya.

Pemanfaatan teknologi informasi yang tepat dan didukung oleh keahlian pegawai dalam mengoperasikannya dapat meningkatkan kinerja satker maupun kinerja pegawainya.

Dampak langsung dari teknologi informasi dalam pelayanan administrasi data dan informasi yang akurat dan cepat adalah tercapainya kepuasan publik saat mengakses. Pengembangan teknologi informasi digital di MTs Negeri 8 ini searah dengan tranformasi digital yang sedang dicanangkan Kementerian Agama yaitu tersedianya satu data keagamaan dan pendidikan keagamaan yang mudah diakses oleh siapapun sebagai dasar kebijakan publik, basis analisis, dan pengembangan program pembangunan bidang agama. (diw/fz/bd).