TPQ Menjadi Pendidikan Awal Pembentuk Generasi Qur’ani

Kota Magelang – Taman Pendidikan Al-Qur’an yang kemudian disebut dengan TPQ merupakan bagian dari Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yakni jenis pendidikan agama nonformal yang bertujuan agar peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan kandungan al-Qur’an.

TPQ Arridho yang berlokasi di Kampung Malanggaten RT 02/RW 12 Kelurahan Rejowinangun Utara Kecamatan Magelang Tengah adalah salah satu binaan Penyuluh Agama Islam Non PNS yang turut berpartisipasi aktif di tengah masyarakat mencetak generasi Qur’ani.

Ditemui ditengah kesibukannya, salah satu ustadzah pengajar  di TPQ Arridho yang juga merupakan PAIN Non PNS Kecamata Magelang Tengah mengatakan “Era globalisasi berdampak signifikan terhadap karakter masyarakat. Usia dari kalangan remaja ketas, kini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menyimak berbagai informasi dari media sosial yang bersifat non agamis. Menyikapi hal ini, pembangunan karakter dan pembentukan kepribadian ke insan religius akan lebih tepat jika dimulai sejak dini,” jelas Nur Faeqoh Sabtu, (12/3).

“Secara rutin TPQ Arridho mengadakan kegiatan belajar mengajar 3 kali disore hari dalam setiap minggunya. Para santri yang belajar di TPQ ini berusia antara 4 sampai 12 tahun, kita manfaatkan golden age mereka secara optimal. Oleh karena itu di TPQ ini tidak hanya mengajarkan membaca Al Qur’an semata, namun diajarkan pula mengenai dasar-dasar dari aqidah, syari’ah, akhlak dan ubudiyah,” tambahnya.

Keberhasilan pendidikan tidak hanya bergantung dengan guru saja. Kesungguhan niat dan semangat para peserta didik tentunya harus selalu dirawat agar mereka selalu istiqodalam menuntut ilmu. Selain itu, hal yang tidak bisa diabaikan adalah peran orangtua. Kepedulian orangtua menjadi suatu keharusan. (Nurfa/Hari/rf)