Ajak Jamaah Petik Hikmah Kloter Akhir

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – “Banyak sekali hikmah untuk bapak ibu, diantaranya kalau mau beli oleh-oleh harganya sudah jadi murah, karwena musim haji sudah berakhir,” canda Hidayat Maskur. Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Hidayat Maskur membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji Kota Surakarta di Hotel Dana (30-31/05). Menurut informasi, Jamaah Calon Haji Kota Surakarta dijadualkan pada kloter akhir tahun ini. Kota Surakarta yang tadinya akan memberangkatkan sekitar 255 jamaah, mendapatkan kuota tambahan menjadi 270 jamaah calon haji.

Hidayat menjelaskan bahwa jamaah haji Kota Surakarta terbagi menjadi 2 kloter. “Datang langsung melaksanakan haji, malah akan lebih praktis karena langsung bisa melaksanakan kewajiban dan melanjutkan dengan memperbanyak sunnahnya,”ujarnya.  Ia berpesan pada jamaah haji untuk menata niat dengan menetapkan hati niat ibadah, agar tidak terganggu dengan urusan atau rasa ingin segera pulang ke rumah. Hidayat berharap agar jamaah haji tetap bersyukur meskipun berada di kloter akhir, daripada harus tertunda lagi. “Saya yakin bapak ibu akan lebih banyak waktu untuk beribadah, berkunjung ke masjidil haram, ke masjid nabawi, dan lain-lain,” imbuhnya. Di akhir sambutan, Hidayat Maskur mendoakan kesehatan para jamaah haji, dengan harapan jamaah haji bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan tertib dan pulang dengan selamat, sehat menjadi haji yang mabrur.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Kota Surakarta diselenggarakan usai manasik tingkat kecamatan. KUA Kecamatan menjadi penyelenggara, dan mengundang jamaah haji yang berasal dari wilayah kecamatan masing-masing. Materi yang akan disampaikan dalam manasik tingkat kota antara lain ; Kebijakan Pemerintah Arab Saudi, Kebijakan Pemerintah Indonesia, Alur Perjalanan Ibadah Haji, dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Haji. (may/bd)