Ajarkan Keberanian Komunikasi di Depan Khalayak dengan Kultum Ramadan

Banjarnegara – Selama bulan Ramadan siswa-siswi MTsN 4 Banjarnegara diwajibkan menyampaikan kuliah tujuh menit (kultum) secara bergiliran di depan teman-temannya. Kultum dilaksanakan secara terjadwal sebagai bagian dari rangkaian kegiatan amaliah Ramadan tahun 2022. Kultum dibawakan oleh siswa di tiap-tiap kelas mulai  pukul 09.30-10.00 WIB di bawah bimbingan guru yang bertugas.

Menurut kepala madrasah, kultum sangat penting diajarkan kepada siswa sejak dini mengingat dalam kehidupan di masyarakat kita sering berhadapan dengan kegiatan kultum. Selain itu kultum melatih mental siswa untuk berani berbicara di hadapan orang banyak sehingga pada saatnya nanti siswa menjadi terbiasa untuk berpidato atau ceramah di hadapan khalayak.

“Penting bagi siswa berlatih kultum setiap hari secara bergiliran, anak akan terbiasa berbicara di depan orang banyak, menambah keberanian dan mental siswa, sehingga siswa menjadi lebih percaya diri,” jelas Sidik Wibowo, kepala MTsN 4 Banjarnegara pada Jumat (22/4)

Selain itu dengan pembiasaan kultum, siswa makin pintar dan makin luas wawasannya, karena secara logika, sebelum berkultum, siswa harus mempelajari materi kultum, hal ini mendorong siswa untuk belajar dan terus belajar menambah pengetahuan tentang suatu materi  tertentu.

Kepala Madrasah mempunyai harapan, bahwa siswa madrasah khususnya  MTs harus bisa membawakan kultum, sehingga sewaktu-waktu apabila ada acara di masyarakat dan dibutuhkan oleh masyarakat, siswa madrasah harus siap melaksanakannya.

“Siswa madrasah khususnya siswa MTs adalah siswa hebat yang harus menjadi contoh di depan masyarakat dan siap bila dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkas Sidik lagi.

Sementara itu menurut pembina keagamaan MTsN 4 Banjarnegara, Taufik, hasil dari kultum tidak hanya dirasakan siswa yang menjadi penceramah, namun bagi siswa yang mendengarkan kultum juga mendapat tambahan pengetahuan agama, ungkapnya. (khm/ak/rf)