APRI Diharapkan Dapat Meningkatkan Produktivitas Kinerja Penghulu

Semarang, Perdana di bulan April, Jumat (1/4/2022), Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, menyelenggarakan kegiatan pembinaan bgi penghulu.

Bertempat di Hotel Mahima Semarang, kegiatan digelar secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun peserta pada kegiatan ini adalah penghulu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan Modin se-Kota Semarang.

Mukhlis Abdillah selaku Kepala Kankemenag Kota Semarang berkesempatan hadir untuk membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya ia menyampaikan pesan agar penghulu dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya (tusi), harus selalu dilakukan upgrading atas kompetensinya guna menuju pelayanan prima.

Pada kegiatan ini, Zainal Fatah, Kepala Bidang (Kabid) Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Tengah, membwrikan materi pembinaan kepada para peserta kegiatan dengan tema Peningkatan Mutu Layanan KUA.

Pada kesempatan ini, Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kankemenag Kota Semarang, Sumari, juga ikut menyampaikan beberapa pesan kepada peserta, agar dalam melaksanakan tugas dan fungsi utamanya tetap berpedoman pada regulasi yang ada.

“Perlu diingat oleh Penghulu, bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, harus selalu mematuhi regulasi yang ada atau on the trac,” tutur Sumari.

Ia juga mengimbau agar Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) dijadikan wadah untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh penghulu dalam pelaksanaan tusinya.

“Kami berharap organisasi APRI sebagai wadah untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi penghulu, sehingga dapat meningkatkan produktifitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,“ pungkasnya.(RZ/NBA/bd)