Begini Cara Mengkhatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan ala Koordinator Keagamaan MTs N 1 Banjarnegara

Banjarnegara – Di bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan ini, semua orang berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbagai amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah salah satunya dengan mengkhatamkan Al Quran.

Mayoritas umat muslim yang tengah berpuasa memanfaatkan momentum bulan suci ini, juga Nuzulul Qur’an. Kegiatan seperti tadarus dilakukan agar bisa mengkhatam 30 juz. Tapi jangankan mengkhatam Al Quran berkali-kali, mengkhatam 30 juz satu kali saja butuh niat serta usaha yang besar.

Guru Bahasa Arab sekaligus koordinator keagamaan di MTs N 1 Banjarnegara ini menyebut bahwa untuk bisa membaca Al Quran tentu seseorang harus memahami dulu ilmu tajwid dan bagaimana bacaan-bacaannya.  

“Jangan cuma asal baca saja yang penting khatam, kamu harus benar-benar memahaminya. Untuk membaca Al Quran pun harus diseimbangkan dengan kemampuanmu,” jelas Abdul Majid saat diwawancarai di MTs N 1 Banjarnegara pada Selasa, (5/4/22)

Beliau juga menghimbau jika kemampuan membaca Al Quran tergolong masih standar, seseorang perlu membaca Al Quran 2 lembar dalam 5-7 menit saja.

“Tapi, kalau semisal bacaanmu masih terbata-bata, mungkin kamu masih membutuhkan waktu yang lama. Jika merasa kemampuan membaca belum sempurna, maka tak perlu memasang target untuk mengkhatamkan. Yang terpenting adalah bacalah Al-Quran dengan benar dan perhatikanlah tajwidnya.” tambahnya.

Kira-kira bagaimana ya caranya agar bisa mengkhatam 30 juz selama bulan Ramadhan  menurut Abdul Majid? Yuk simak  tipsnya.

Untuk Satu Kali Khatam :

1. Shalat Subuh 4 halaman

2. Shalat Zhuhur 4 halaman

3. Shalat ‘Ashar 4 halaman

4. Shalat Maghrib 4 halaman

5. Shalat ‘Isya 4 halaman

Untuk Dua Kali Khatam :

1. Shalat Subuh 8 halaman

2. Shalat Zhuhur 8 halaman

3. Shalat ‘Ashar 8 halaman

4. Shalat Maghrib 8 halaman

5. Shalat ‘Isya 8 halaman

Untuk Tiga Kali Khatam :

1. Shalat Subuh 12 halaman

2. Shalat Zhuhur 12 halaman

3. Shalat ‘Ashar 12 halaman

4. Shalat Maghrib 12 halaman

5. Shalat ‘Isya 12 halaman. 

Sebagaimana dalam HR. Muslim, bahwa “Barang siapa menunjukkan satu kebaikan, maka baginya pahala semisal orang yang mengikuti kebaikan tersebut.” Nah untuk bisa mengkhatam Al Quran dengan baik, manfaatkanlah waktu di awal-awal puasa. Menabunglah sebanyak mungkin di hari-hari awal tersebut. (ran/ak/rf)