081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Berani Menulis  dan Mendongeng, Diuji di Depan Kelas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Ujian Praktik Bahasa Indonesia kelas IX MTs Negeri 2 Rembang menjadi cukup unik dan meriah saat siswa harus mendongeng di depan teman-temannya. Praktikum ini  dikaitkan dengan kompetensi dasar menceritakan kembali isi cerita fabel  yang didengar dan dibaca.

Aktivitas itu berlangsung Kamis  hingga Sabtu (6-9/4/2022). Aktivitas itu dilakukan secara serius tetapi santai dan justru menjadi hiburan  tersendiri saat melihat temannya bercerita dengan berbagai ekspresi.

Eko Munjayanah selaku guru mapel Bahasa Indonesia  mengatakan  siswa menulis naskah cerita fabel yang didengar atau dibaca. Mereka bisa mencari di media massa, media sosial  atau buku. “Apabila tulisan mereka bukan karya sendiri, mereka tetap diwajibkan  untuk memcantumkan sumber cerita, ini untuk menanamkan karakter siswa agar tidak berbuat plagiatisme, sementara  naskah hasil karya sendiri  tentunya akan mendapat penilaian tersendiri” ujar Eko Munjayanah.

Ketika tampil untuk praktikum mendongeng, siswa dapat membawa alat peraga berupa boneka dan alat-alat yang lain sesuai dengan topik cerita yang di ambil.  Menurut Eko Munjayanah penilaian keterampilan berbicara dalam mendongeng meliputi vokal, ekspresi/mimik, penampilan dan berupa alat peraga.  Waktu yang dibutuhkan untuk mendongeng maksimal 7 menit. “Siswa juga harus bisa menjelaskan pesan yang tersirat  dari cerita yang ia sampaikan” ujar Eko Munjayanah. (Wient/iq/rf)