Buka Puasa Ramadhan Ceria Anak – Anak MI Baiturrahim Kinibalu Semarang

Semarang – MI Baiturrahim Kinibalu  bersama ketua yayasan, kepala Madrasah dan guru – guru  mengadakan berbuka puasa Ramadhan ceria bersama anak – anak kelas V dan VI. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada  Senin (25/4/2022). Acara di mulai dengan tadarus bersama dipimpin  Sri Widayati guru kelas 1, dilanjutkan dengan bimbingan atau pembetulan bacaan surat – surat pendek  sesuai kaidah tajwid yang benar. Dilanjut  pula dengan perwakilan maju anak putri dan anak putra membacakan surat Al Kautsar dan surat Al Kafirun dengan benar. Buka puasa Ramadhan ceria  dengan tema “ Berpuasa Ramadhan dengan Hati Yang Iklas”.

Sambutan dari ketua yayasan oleh Danusiri, menegaskan tentang berpuasa Ramadhan dengan hati yang ikhlas, beliau menerangkan dengan  bahwa “laksanakan puasa Ramadhan ini dengan hati iklas dan sungguh – sungguh hanya mengharapkan ridha Allah SWT “ Dihadiri pula Sumardjo bapak pembimbing MI Baiturrahim, Kepala Madrasah Uyek Sumiyatun menyampaikan” buka Bersama ini dilaksanakan  untuk membimbing anak anak selalu mempererat tali silahturahmi ,memperkuat  rasa persaudaraan dengan keluarga besar MI Baiturrahim “  sambutan dan maidhah hasanah dari ketua yayasan, anak – anak diminta membaca basmalah bersama untuk menyaksikan cerita Umar Bin Khatab di lcd. Dengan senang dan antusias anak – anak menyimak cerita dari awal sampai akhir.

Setelah menyaksikan cerita Umar Bin Khatab, tentang kekholifahanya sebagai kholifah yang bertanggung jawab, pemberani, dan berhati sabar Ketua yayasan Danusiri  memberi pertanyaan kepada   anak – anak  tentang kisah cerita yang baru mereka simak”, dengan antusias banyak anak – anak yang tunjuk jari dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan ketua yayasan. Setelah itu ketua yayasan juga mengadakan kuis hafalan surat – surat pendek dan bagi anak yang berani maju menghafal bisa dan lancar diberikan riwed hadiah.dan Alhamdulillah pada saat itu ada salah satu siswa Denis siswa kelas VI yang berani maju kedepan dan menghafal surat Al A’la dan As Syamsyi dengan benar dan lancar, sehingga dia mendapatkan hadiah dari ketua yayasan Rp 100.000,00. Sebagai motifasi terhadap siswa yang lain untuk lebih semangat dan rajin membaca serta hafalan surat – surat pendek juz 30.

Karena waktu sudah mendekati berbuka puasa anak – anak dipimpin ketua yayasan Danusiri untuk berdoa buka puasa. Dengan hati yang senang dan ceria alhamdulillah mereka bisa berbuka puasa berasama – sama menikmati hidangan buka puasa, ada minuman teh botol, air mineral kue , gorengan dan mi ayam serta buah semangka yang sudah disiapkan dari Madrasah. Setelah berbuka dan adzan mahrib berkumandang anak – anak beserta bapak ibu guru bergegas ke masjid untuk menunaikan sholat maghrib berjamaah. Kegiatan acara buka puasa dari awal sampai akhir telah selesai anak – anak pulang ke rumah masing – masing. Dan mereka berharap tahun yang akan datang bisa diadakan lagi buka puasa Ramadhan bersama. (Uyek/Sukirman/bd)