Dukung Gerakan Sejuta Vaksin, Kemenag Demak Adakan Pembinaan Mualaf dan Vaksinasi Booster

Demak – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Demak bekerjasama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Demak, menyelenggarakan kegiatan “Pembinaan Mualaf dan Vaksinasi Booster” kepada Majelis Dzikir Mualaf, Rabu (13/04/2022).

Majelis Dzikir Mualaf adalah sebuah wadah dari komunitas mualaf yang ada di Desa Kedondong Kecamatan Demak. Saat ini beranggotan tak kurang dari 47 orang. Mayoritas berasala dari desa setempat dan selebihnya  berasal dari desa-desa lain yang terdekat.

Sebagai sebuah wadah untuk para mualaf, memperdalam pengetahuan ajaran dan nilai-nilaia agama Islam adalah menjadi fokus kegiatannya. Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan para jemaah, majelis dzikir ini juga mengelola koperasi simpan pinjam. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh ketuanya, Sisilia Rita Agustina, atau lebih akrab dipanggil Bunda Rita.

Sementara itu, Kemenag Demak sebagai instansi yang mempunyai tugas membimbing umat dalam menjalankan ajaran agama, melalui para penyuluh agama,  telah proaktif memberikan perhatian berupa  pembinaan dan pendampingan terhadap majelis dzikir itu.

“Kami rutin mengadakan pengajian dua minggu sekali.  Yaitu setiap malam minggu di rumah Pak Modin Amin, salah satu tokoh agama Islam setempat. Bahkan satu bulan sekali kami adakan pengajian umum dengan mendatangkan mubalig dari luar kecamatan,” ungkap Muhammad Zaki, salah seoarang penyuluh fungsional KUA Kecamatan Demak.

Tidak hanya itu saja, Rabu sore kemarin, (13/04) Kepala Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi, beserta para pejabat struktural, mengadakan kegiatan pembinaan yang bertempat di halaman rumah Bunda Rita. Selain itu, berkat kerjasama yang baik dengan Dinas Kesehatan dan Kodim 0716 Demak, panitia penyelenggara juga memberikan pelayanan vaksinasi booster untuk para jemaah.

Sementara itu pada saat sambutan, Ahmad Muhtadi berpesan Hidayah itu haknya Allah. “Dan bersyukurlah, panjenengan adalah diantara orang-orang yang terpilih menerima kebenaran agama Islam. Monggo sedikit demi sedikit diperdalam pengetahuan agamanya. Bisa melalui majlis taklim, baca buku agama, atau bertanya pada kiyai/ustad terdekat. Dapatnya sedikit amalkan, jangan menunggu banyak baru diamalkan nggih !” ungkapnya.

Usai sambutan Kepala Kantor, dilanjutkan penyerahan secara simbolik bantuan modal usaha untuk koperasi simpan pinjam Majlis Dzikir Muallaf sebesar 7 juta rupiah dari UPZ Kemenag. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Kantor kepada ketuanya, Bunda Rita, dan didampingi Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam dan salah seorang personil dari Kodim Demak. 

Kemudian acara pun berlanjut penyampaian mauidhoh khasanah oleh  H. Nur Azis, seoarang dai yang kesehariannya adalah sebagai penghulu di KUA Kecamatan Dempet. Ia banyak menyampaikan tentang kasiat dari solawat. Dengan gaya ceramah yang komunikatif dan jenaka, membuat jemaah saat itu begitu asik mengikutinya. 

Tak terasa, waktu magribpun menjelang. Sesuai rencana, rangkaian acara sore itu diakhiri dengan pemberian vaksinasi. Nampak tiga orang dari Dinas Kesehatan yang dibantu dua orang personil dari Kodim dengan sigap melayani pasien. Walaupun waktu menjelang berbuka puasa, namun para jemaah tak beranjak dari tempat kegiatan. Mereka tetap antusias mengantri untuk segera mendapat giliran suntik vaksinasi booster. (msr/rf).