Gema Ramadhan MTsN 5 Kebumen, Peserta Didik Tadarus Bersama Sebelum Pembelajaran

Kebumen – Sabtu (9/4), MTsN 5 Kebumen menyelenggarakan tadarus bersama seluruh peserta didik. Kegiatan dilakukan sebelum pembelajaran dimulai bertempat di dalam kelas mereka masing-masing dibimbing oleh guru mata pelajaran pada jam pertama. Tadarus ini adalah kali ke 5 dilaksanakan sejak awal bulan Ramadhan.  

Alkhoriyah selaku panitia kegiatan Amaliah Ramadhan, menyampaikan bahwa hal ini dikarenakan saat masih pagi, peserta didik masih segar dan bersemangat. Mengingat Bulan Ramadhan adalah Bulan Al Quran, diharapkan peserta didik dapat membaca ayat-ayat suci dengan benar dan maksimal.

“Kalau biasanya hanya sekadarnya, tapi di bulan Ramadhan ini kita latih siswa agar  lebih konsentrasi dan banyak bacaannya”, ucap Alkhoriyah

Dijelaskan lebih lanjut oleh Al Khoeriyah, setiap harinya tadarus berlangsung selama tiga puluh menit dan diatur oleh panitia dari teknis hingga pembagian juz dan jadwal pembacaannya untuk setiap kelas. Setiap tingkatan mendapat tugas menyelesaikan tiga puluh juz. Kemudian panitia menuliskan juz yang harus dibaca oleh setiap kelas pada lembar laporan tadarus harian.

“Laporan tersebut memuat surat dan ayat terakhir yang dibaca pada saat waktu tadarus selesai sebagai penanda, yang nantinya dilanjutkan pada hari berikutnya.” Terangnya.

Target tadarus ini ialah menyelesaikan tiga puluh juz dalam waktu seminggu. Pada minggu berikutnya ada amaliyah Ramadhan lainnya yang akan dilaksanakan oleh siswa guna menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan di MTsN 5 Kebumen.(sgy/fz/bd).