Jelang Arus Mudik, Kemenag Demak Selenggarakan Vaksinasi Booster

Jelang Arus Mudik, Kemenag Demak Selenggarakan Vaksinasi Booster

Demak – Untuk mendukung arus mudik lebaran 2022, Kemenag Demak fasilitasi santri dan masyarakat dengan menyelenggarakan vaksinasi booster, Rabu (13/04).

Menjelang arus mudik lebaran tahun ini masyarakat boleh lega, sejalan dengan menurunnya angka penyebaran covid-19, pemerintah dalam hal ini Presiden telah mengeluarkan peraturan mengenai cuti bersama lebaran dan diizinkannya kegiatan mudik.

Namun begitu, pemerintah tetap menghimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat, salah satunya memberlakukan persyaratan vaksinasi booster bagi para pemudik. Hal ini kemudian langsung direspon oleh Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, dengan mencanangkan program “Gerakan Sejuta Vaksin”.

Program ini serentak akan dilaksanakan mulai 13 April hingga 1 Mei 2022 di seluruh wilayah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Sementara itu, Kemenag Demak melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), mengajak pesantren untuk berpartisipasi menjadi tempat penyelenggara dalam program vaksinasi ini. Hal ini mendapat respon yang baik dari beberapa pengasuh ponpes. Salah satunya K.H. Suyitno Ahmad, pengasuh ponpes Al-Furqon Mranggen.

Hari ini, Rabu (13/04) sejumlah santri Al-Furqon Mranggen beserta masyarakat sekitar nampak sejak pukul 07.30 WIB mendatangi lokasi vaksinasi di salah satu ruang kelas pesantren tersebut. Mereka datang untuk mendapatkan vaksinasi terutama booster. Tak kurang dari 30 santri dan 50 masyarakat sekitar berhasil di vasksinasi oleh petugas kesehatan Puskesmas Mranggen III.

Kepala Seksi PD Pontren, Ahmad Anas, dalam kesempatan berbeda mengucapkan terimakasih kepada pihak yang terlibat untuk mensukseskan program ini. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Demak yang telah memfasilitasi vaksin dan tenaga kesehatan, juga kepada pondok pesantren yang bersedia menjadi penyelenggara vaksinasi ini. Lebih-lebih dapat melibatkan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi,” ucapnya.

Sebagai informasi, selain di Ponpes Al-Furqon Mranggen, kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan di Ponpes Sirojul Ulum Wonosalam. Dengan dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Wonosalam I, sebanyak 50 santri berhasil di vaksinasi. Mayoritas mereka datang untuk mendapatkan vaksin booster, yaitu sebanyak 30 orang, sedangkan 3 orang vaksinasi tahap kedua, dan 17 lainnya baru vaksinasi tahap pertama.(msr/rf).