Keagungan Puasa Ramadhan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Ibadah puasa tergolong ibadah yang tertua dalam sejarah umat manusia. Ibadah puasa diwajibkan oleh Allah SWT kepada umat muslim setiap hari di bulan Ramadhan sebulan penuh lamanya untuk meraih ketakwaan.

Ada pun firman Allah SWT terkait puasa Ramadhan sebagai berikut : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah/2: 183), begitu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung pada kegiatan kultum Bakdo Dhuhur pada ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Senin (4/4).

Selanjutnya disampaikan keagungan pada bulan romadhon ini adalah niat dan semangat kita untuk berpuasa dan bersegeralah mohon ampunan pada Allah SWT.

“Selain wajib, puasa Ramadhan juga memiliki berbagai keutamaan dan diantaranya : pertama puasa Ramadhan merupakan sebab penghapusan dosa. Keutamaan puasa Ramadhan dan dalilnya yaitu merupakan sebab penghapusan dosa. Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda : “Antara shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa di antara itu semua, jika dosa besar dapat dihindari.” [HR. Muslim dan selainnya], Kedua balasan pahala puasa tidak terhingga. Keutamaan puasa Ramadhan  dan dalilnya  selanjutnya yaitu mendapatkan balasan pahala tak terhingga. Tidak ada batasan jumlahnya. Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda :

“Allah SWT berfirman: Seluruh amal anak Adam untuknya, kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku, dan Aku yang akan mengganjarnya.” [HR. As-Syaikhân], Ketiga : Puasa adalah tameng dan pelindung. Keutamaan puasa Ramadhan  dan dalilnya berikutnya yakni puasa bisa menjadi tameng agar tidak melakukan dosa,” urainya.

Disampaikan lebih lanjut  bahwa disamping keutamaan diatas ada hal-hal yang mengurangi / membatalkan pahala puasa, diantaranya  : berbohong, ghibah, adu domba (namimah) , sumpah palsu/menipu, dan syahwat. Diakhir tausiyahnya kepala kantor berharap kepada seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung agar selama bulan Ramadhan agar mengikuti kultum bakdo dhuhur ini siapapun yang bertugas memberikan ceramah.(sr/rf)