Kemenag Banjarnegara Buka Pesantren Ramadhan 1443 H di Rutan Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang di wakili Ali Mustofa Kepala Seksi Bimas Islam membuka Pesantren Ramadhan 1443 H / 2022 M bagi warga Binaan Rumah Tahanan ( RUTAN ) Banjarnegara, Senin (04/4). Dalam kesempatan, Ali Mustofa menyampaikan bahwa kita semua wajib bersyukur, karena tahun ini kita masih dipertemukan dengan bulan ampunan, Ramadhan 1443 H. 

“Banyak saudara-saudara kita yang tahun ini tidak diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu Ramadhan karena dipanggil menghadap dulu oleh yang Kuasa. Oleh karena itu kesempatan ini mari untuk gunakan sebaik dan seoptimal mungkin untuk meningkatkan amal kebaikan, meski di tengah menjadi warga binaan rumah tahanan Banjarnegara,” ucapnya

Lebih lanjut, Ali Mustofa juga mengingatkan warga binaan agar Ramadhan 1443 H ini menjadi media untuk berintrospeksi diri dan sekaligus sebagai titik awal untuk menata kehidupan yang lebih baik dan selalu bermanfaat di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Unit Pengumpul Zakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara juga menyerahkan bantuan berupa buku iqra sejumlah 75 exlempar guna pembelajar pesantren Ramadhan 1443 H.

Sementara itu Kepala Rutan Banjarnegara, Karyono,  mengingatkan kepada warga binaan agar mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini dengan seksama dan tekun sebagai bekal kelak untuk berbaur lagi dengan masyarakat.

“Ketekunan dan kedisiplinan dalam berkegiatan akan menghasilkan nilai positif, sehingga diingatkan jangan senang kembali ke sini, cukup sekali saja,” jelasnya.

Pesantren Ramadhan 1443 H direncanakan akan dilaksanakan selama bulan puasa ini, para penghuni warga binaan akan diberi materi baca al-Qur’an dengan metode iqra’ dan pembinaan mental agama serta materi fikih ibadah dengan pemateri Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Banjarnegara. Demikian Ali Mustofa menutup sambutan acara Pesantren Ramadhan ini. (am/ak/rf)