Kerapian Adalah Kepribadian Dasar Siswa

Banjarnegara – Kerapian merupakan salah satu aspek yang menjadi bagian dari penilaian guru pada siswa. Siswa yang rapi adalah siswa yang selalu tampil dengan apik, necis, dan dirinya terawat dengan baik dari segi kesehatannya. Demikian pula pakaian dan peralatan yang dimilikinya. Demi menanamkan jiwa kerapian pada siswa, MTs Negeri 3 Banjarnegara mengadakan sidak kerapian rambut pada siswa laki-laki. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman madrasah setelah Shalat Dhuha bersama, Selasa (12/04).

Natir selaku kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara menyampaikan, sidak kerapian rambut merupakan sarana melatih siswa guna taat pada aturan dan pada akhirnya memiliki penampilan yang rapi.

“Penampilan rapi menunjukkan kepribadian seseorang, demi mendidik siswa memiliki penampilan yang rapi perlu adanya aturan guna menjadi kebiasaan yang baik itu diterapkan oleh siswa,” ucapnya

“Pada dasarnya semua aturan sekolah itu baik tetapi terkadang ada beberapa anak yang ingin eksis atau cari perhatian dengan berpenampilan tidak sesuai aturan madrasah, dengan adanya masalah seperti ini perlu adanya tindak lanjut yakni salah satunya dengan adanya sidak tersebut guna siswa selalu taat pada aturan dan ketika siswa tersebut bisa menaati aturan efek positifnya ialah pada diri siswa tersebut juga,” tambahnya

Imadudin Abas selaku waka kesiswaan menyampaikan, kegiatan sidak kerapian siswa dilaksanakan setiap dua pekan sekali. kegiatan sidak kerapian siswa merupakan agenda rutin yang sudah dijalankan di MTs Negeri 3 Banjarnegara setiap dua pekan sekali, Tujuan sidak tersebut ialah guna menerapkan aturan madrasah khususnya pada kerapian siswa.

“Sidak kali ini kami fokus kepada kerapian rabut siswa laki-laki, kriteria yang kami sidak ialah siswa laki-laki yang berambut panjang, potongan tidak sesuai ketentuan, dan terakhir ialah rambut yang di cat atau diwarnai. Untuk siswa yang masuk kriteria tersebut kami dari madrasah langsung menanganinya di madrasah dengan memotong sesuai aturan demi kerapian siswa,” terangnya. (ar/ak/rf).