Khotmil Quran Sebagai Bentuk Cinta Alquran

Semarang – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan dan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam, karena dalam bulan ini segala amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Adapun ibadah-ibadah yang biasa ditingkatkan di bulan Ramadhan adalah membaca Alquran, bersedekah, mengikuti kajian-kajian, dan banyak lagi ibadah lainnya.

Menyadari akan kemuliaan bulan Ramadhan, MI Taufiqiyah mengadakan Khotmil Quran yang diikuti oleh siswa kelas 5 dan dilaksanakan di Gedung 2 MI Taufiqiyah, pada Rabu (13/4/2022).

Siti Aropah AR Kepala MI Taufiqiyah Semarang, mengatakan bahwa Khotmil Quran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di madrasah yang dipimpinnya. Menurutnya, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan siswa kepada Alquran.

“Kami ajak anak-anak untuk cinta Alquran, jangan hanya sebatas pajangan tetapi menjadi pedoman yang harus dibaca dan dipelajari setiap hari,” tuturnya.

“Selain itu kegiatan ini merupakan ajang mempererat silaturahmi antara madrasah, peserta didik maupun paguyuban kelas, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap kebersamaan, kerukunan serta kekeluargaan di MI Taufiqiyah,” imbuhnya.

Pada tempat dan waktu yang berbeda, Agus Sholihkuddin guru MI Taufiqiyah menerangkan selain khotmil quran, siswa-siswi juga melaksanakan shalat dhuha berjamaah sesudahnya.

Ia pun mengapresiasi semangat siswa dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah.

“Meskipun madrasah masih dalam proses pembangunan, tetapi tidak mengurangi semangat para siswa untuk mengikuti kegiatan khotmil quran dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ujarnya.

Pada kegiatan hari Rabu (13/4) siswa tidak hanya melaksanakan khotmil quran dan shalat berjamaah, tetapi juga mendoakan para pendiri dan tokoh masyarakat.

Sholihkuddin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi dari salah satu isi pembinaan yang disampaikan oleh Amhal Kaefahmi selaku Pengawas madrasah di wilayah Kecamatan Tembalang, yang telah disampaikannya beberapa waktu lalu.

“Pak Amhal menyampaikan pesan agar selama bulan Ramadhan, madrasah diharapkan untuk memberikan kesan religi kepada siswa dengan berbagai kegiatan yang menarik. Ia menuturkan bentuk kegiatan bisa bervariasi sesuai kemampuan madrasah, intinya kegiatan positif yang dapat diambil hikmahnya,” ujarnya.

Siti Aniqoh dan Niken, guru MI Taufiqiyah lainnya yang mengampu kelas 5 menyampaikan harapannya melalui kegiatan ini dapat menjadi spirit bagi siswa dalam menjalankan ibadah puasa, dan dapat menanamkan nilai-nilai persatuan dan kebersamaan di lingkungan madrasah, serta dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran.

Salah satu murid kelas 5, Nayla, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan khotmil quran di madrasah, menurutnya kegiatan ini mampu menghadirkan suasana yang berbeda di bulan Ramadhan.

“Khotmil Quran sangat khidmat karena dilaksanakan bersama-sama dengan guru serta teman-teman. Saya senang sekali dapat mengikuti acara dari awal sampai akhir,” katanya.

Berbeda dengan Suaul Bashiroh guru MI lainnya, ia mengharapkan agar pada Ramadhan yang akan datang, dilakukan kegiatan yang lebih variatif, seperti kegiatan lomba-lomba yang diikuti para siswa madrasah.(Ani/Agus/Aul/SAW/NBA/bd)