Koperasi Ta’awun Kemenag Grobogan Adakan Pemilihan Pengurus Baru dan RAT Tahun 2021

Grobogan – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Ta’awun menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup tahun buku 2021 serta pemilihan pengurus baru dengan masa bakti tahun 2022-2024 di Ballroom Kryiad Grandmaster Hotel (01/04/2022). RAT dihadiri oleh pengurus, pengawas, semua anggota Koperasi Ta’awun yang berjumlah 485 orang dan turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan, Ketua PKPRI Kabupaten Grobogan, Ketua Koperasi dan UMKM Kab.Grobogan, Ketua Dikopinda, Ketua PKPRI.

Dalam laporannya, Ketua KPRI Ta’awun, Hadi Purwanto mengatakan pelaksanaan RAT 2021 dilaksanakan pada awal April 2022 sudah sesuai dengan AD/ART. Bahwa RAT biasanya dilaksanakan pada akhir bulan maret tetapi dalam Koperasi KPRI Ta’awun dilaksanakan pada awal bulan April, karena sebelumnya ada audit independen dan sudah siap pelaksanaan RAT  tutup tahun buku 2021 dan reorganisasi.

“RAT tutup tahun ini dilaksanakan reorganisasi pengurus tahun 2022 – 2024, dan berjumlah 485 anggota dan dihadiri tamu undangan dari Dinas UMKM Koperasi Grobogan, Dikopinda, PKPRI. Kami laporkan secara tranparan dan akuntabel untuk mempertanggungjawabkan pengurus kepada anggota. Dan tentunya tutup tahun buku 2021 belum sempurna, sehingga diharapkan kepada anggota untuk ikut andil memajukan Koperasi Ta’awun,” jelas Hadi Purwanto.

Beliau menambahkan, Koperasi Ta’awun dalam simpan pinjam suku bunga disamakan dengan bank lain, dengan kata lain Koperasi Ta’awun ikut bersaing keluar dengan lembaga perbankkan. Dan di era transformasi digital Koperasi Ta’awun juga membuat buku panduan yang bisa diakses media sosiali atau HP.

Sementara Kepala Kemenag Grobogan, Imron Rosyidi mengucapkan syukur karena kekayaan koperasi Ta’awun sampai tahun 2022 telah mencapai sebesar14 milyar. Dan sesuai program kerja. Tentunya program kerja KPRI Ta’awun perlu dukungan dan peran aktif semua anggota untuk memajukan koperasi dan mensejahterakan semua anggota.

“Membangun koperasi dengan semangat gotong royong dengan contoh menyelenggarakan rapat anggota tahunan dengan memajukan koperasi Ta’awun dari hari ke hari makin sehat dan solid, manajemen semakin baik, omsetnya semakin meningkat,” harap Imron Rosyidi.

Rapat Anggota Tahunan atau RAT koperasi merupakan agenda penting yang menjadi kewajiban pengurus untuk menyelenggarakannya secara tertib sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sebagai agenda penyampaian pertanggungjawaban pengelolaan koperasi selama setahun terhitung dari pengurus yang baru menjalankan tugas, dan bentuk tanggungjawab pengurus kepada seluruh anggota koperasi yaitu ASN dilingkungan Kemenag Grobogan

 “RAT koperasi mempunyai arti yang penting dan cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik. Pasalnya, pada forum ini akan dibicarakan dan diputuskan kebijakan-kebijakan penting dalam koperasi, khususnya yang terkait dengan keputusan anggota terhadap pertanggungjawaban pengurus dan pengawas dalam menjalankan organisasi dan usaha koperasi,” tuturnya.

Beliau menambahkan, bahwa pemilihan pengurus koperasi bersifat demokrasi, sehingga dalam RAT diadakan pemilihan ketua dan pengurus koperasi dengan hak angket yang telah disebarkan kepada anggota. Dan harapannya, semua anggota bisa mengadakan lewat pemilihan secara demokrasi, karena sistem reorganisasi bisa meminimalisir rangkap jabatan ataupun membatasi masa pengurusan.

“Semoga RAT dan pemilihan pengurus koperasi Ta’awun bisa lancar dan cepat. Dan telah disebutkan bahwa aset koperasi Ta’awun berjumlah 14,8 m dan untuk itu perlu dimanfaatkan untuk anggota, karena dikoperasi Ta’awun sendiri suku bunga simpan pinjam sudah diturunkan menjadi 0.9 persen dengan menyamakan bunga-bunga dari Bank lain. Diharapkan dalam anggaran koperasi bisa dimanfaatkan oleh anggota seperti pengadaan RAT diluar kota dengan outbond,” pungkasnya.

Dan hasil pemilihan pengurus Koperasi Ta’awun dengan terpilih Lucky Lukmana Bendahara Kemenag Grobogan sebagai Ketua Koperasi Ta’awun tahun periode 2022-2024.(bd/Sua)