Kwarcab Rembang Adakan Visitasi Pramuka di MAN 2 Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang — Tim visitasi dari Kwartir Cabang Rembang mengunjungi MAN 2 Rembang. Mereka melakukan visitasi dalam rangka Lomba Gugus Depan Mantap tahun 2022 pada hari Kamis (14/4/2022) mulai pukul 09.30 WIB – sampai selesai.

Rombongan sejumlah tujuh orang tersebut diterima langsung oleh Kepala MAN 2 Rembang sekaligus ketua majelis pembimbing gugus depan (Kamabigus), H. Kasnawi didampingi para pembina pramuka. Pertemuan ini dipandu oleh protokoler untuk menyampaikan maksud serta tujuan visitasi ini.

Kak Ghusaeri selaku ketua tim mengatakan, kegiatan visitasi ini untuk mencocokkan data yang terdiri dari beberapa komponen. Untuk itu pihaknya mohon ijin kepada madrasah untuk bisa melihat ke sanggar.

“Kami akan mengecek lebih dekat atas kebenaran data dokumen Lomba Gudep Mantap tingkat penegak di MAN 2 Rembang dengan yang sudah dikirim ke panitia. Semoga melalui Lomba Gudep Mantap ini Pangkalan MAN 2 Rembang lebih baik dan maju,” ujar Kak Ghusaeri.

H. Kasnawi menyatakan bangga dan menyambut baik atas terselenggaranya lomba gudep mantap ini. Ini merupakan kali kedua mengikuti ajang yang sama setelah pada tahun 2021 kemarin berhasil menjadi juara 1 tingkat Kwarcab Rembang dan juara harapan 2 tingkat Kwarda Jateng.

“Kegiatan lomba ini berdampak sangat positif terhadap perkembangan gugus depan di pangkalan sekolah/madradah di tingkat Kwarcab Rembang. Dengan adanya lomba ini semua pangkalan  bersemangat dan bangkit seperti bangun dari tidur harus mencari sesuatu, menyiapkan sesuatu untuk keperluan yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Kasnawi menambahkan, kegiatan lomba seperti ini hendaknya tidak berorientasi pada juara maupun hadiah. Yang lebih penting adalah bagaimana meningkatkan kualitas terutama pelayanan administrasi, selalu saip jika dibutuhkan, serta bersikap profesional.

“Gudep Mantab MAN 2 Rembang berusaha maksimal untuk menjadi yang terbaik. Mengingat tahun ini peserta semakin banyak semakin kompetitif dalam pencarian yang terbaik. Dalam kompetisi harus menang dan siap tidak menang,” pungkas Kasnawi.

Sementara itu pradana Ambalan Soedirman pangkalan MAN 2 Rembang, Syaikhur Rohman menyatakan, pihaknya telah berusaha maksimal menyiapkan berkas-berkas yang akan dinilai. Ia optimis akan kembali menjadi yang terbaik di tingkat Kwarcab Rembang dan mewakili Rembang di tingkat Kwarda Jawa Tengah.

“Secara keaktifan kegiatan serta berbagai prestasi, Ambalan Soedirman-Rukhana Kuddus saya melihat kami masih unggul. Apalagi di MAN 2 Rembang pengurus ambalan dewan ambalan benar-benar bekerja keras, dan pembina cukup mengarahkan. Termasuk untuk persiapan visitasi ini kami hampir satu minggu mempersiapkan kelengkapan berkas,” ujar Syaikhur.

Para anggota tim visitasi mengunjungi sanggar Ambalan Rukhana Kudus dan Soedirman untuk mengecek berkas dan kelengkapannya. Ada delapan komponen yang meliputi aspek manajemen dan administrasi, sumber daya manusia, keuangan dan sarana prasarana, kegiatan, proses, prestasi, kemitraan, serta kehumasan. Berbagai kegiatan pramuka MAN 2 Rembang bisa dilihat di berbagai media sosialnya Pramuka Mandura (facebook) dan pramuka_man2rembang (instagram). – huda/iq/rf