Menutup Akhir Libur Ramadhan, Guru MI Nashrul Fajar Gelar Kathaman Quran

Semarang – Sebelum Menutup akhir libur ramadhan, guru dan karyawan MI Nashrul Fajar gelar Kathaman Quran Senin (25/04/2022) di ruang kelas 5B pada pukul 09.00 hingga selesai.

Kepala madrasah MI Nashrul Fajar Kota Madrasah, Abdul Khoer mengatakan kegiatan Khatam Qur’an ini sebagai tanda berakhirnya mengaji bersama guru selama bulan ramadhan ini, “Alhamdulillah sudah khatam 2 kali. semoga kegiatan khatam quran ini bermanfaat untuk kita dan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Semoga kita juga tetap beriman dan istiqomah mendapat keberkahan dalam mendidik anak-anak kita.”

Adapun kegiatan khatam kedua tersebut di awali dengan pembacaan quran yang dibaca oleh tiap guru, masing-masing guru membaca 1 juz. Sehingga dalam 1 waktu dapat menyelesaikan 30 Juz.  Kemudian dilanjutkan membaca surah pendek yang dibacakan oleh Malik S.Pd selaku guru Bahasa Arab di MI Nashrul Fajar.

Sementara kegiatan khatam pertama telah terlaksana sebelumnya Sabtu (23/04/2022). Namun berbeda dengan metode khatam kedua. Setiap selesai pembelajaran jajaran guru MI Nashrul Fajar melakukan kegiatan tadarus yang dipimpin oleh beberapa guru yang fasih dalam membaca alquran. Dan berakhir setelah sampai juz 30.

Menurut Uswatu Khasanah, guru kelas 6 mengatakan bahwa kegiatan khataman Al-Qur’an ini penting, karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan motivasi dalam mengamalkan Al- Quran dalam kehidupan sehari-hari. “Alhamdulillah khatam terlaksana sesuai rencana awal. Insyaallah kegiatan ini bermafaat untuk kita semua” katanya.

Uswatun menambahkan kita memanfaatkan waktu yang ada, setelah selesai mengajar kita menggunakan untuk aktivitas yang penuh berkah ini, “dari pada kita berkumpul tidak maanfaat lebih baik kita gunakan untuk tadarus. Alhamdulillah kita dapat 2 kali khatam. Selain mendapat berkah dari Allah SWT tentu kegiatan ini dapat mempertebal pondasi agama kita, iman kita juga dapat bertambah.”

Kegiatan khatam pagi itu berjalan dengan lancar. Seluruh jajan guru dan Karyawan MI Nashrul Fajar melaksanakan khatam dengan khusuk dan penuh doa. (Abdul Khoer/Sukirman/bd)