MTs Ma’arif Mandiraja Terbitkan Buku Catatan Romadhan

Banjarnegara – Ramadhan tahun ini 2022/1443 H MTs Ma’arif Mandiraja bisa menerbitkan kembali Buku Panduan Kegiatan Romadhon untuk siswa kelas VII dan VIII, setelah dua tahun (tahun 2020 dan 2021) buku kegiatan ini tidak terbit karena Covid-19. Buku Kegiatan Romadhon ini disusun sebagai pedoman siswa dalam melaksanakan puasa Romadhon. (7/4)

Kepala Madrasah Barokatumminalloh mengatakan, buku Ramadhan ini bertujuan menuntun siswa untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, melatih siswa untuk berpuasa secara jujur dan benar serta bertanggungjawab, mengisikan kegiatan tersebut dalam kolom yang disediakan, melatih siswa untuk beribadah puasa melalui tuntunan yang benar.

“Selain itu buku Ramadhan ini bertujuan melatih siswa untuk menghafalkan doa yang ada di buku ini dan mengakrabkan hubungan anak dengan orang tua karena adanya buku kegiatan Romadhon terdapat nilai sosial, serta melatih siswa melaksanakan ziarah kubur sebagai peringatan kepada diri kita sendiri, karena pada akhirnya kita akan meninggal dunia,” tambahnya.

Beliau juga mengatakan sebagai penyusun buku, beliau berharap buku disusun bukan hanya digunakan oleh siswa MTs Ma’arif Mandiraja, tetapi bisa digunakan oleh siapa saja yang berminat.

Rahmawati salah satu siswa kelas VII mengatakan, adanya buku ini sangat membantu untuk menghafal/membaca doa-doa diantaranya doa setelah shalat tahajud yang saya lakukan, karena waktu sahur tidak hanya makan tetapi juga untuk shalat tahajud, dan buku ini selalu saya baca setelah sholat tarawih dan lainnya.

Sementara itu Keisya Khumairoh salah satu siswa kelas VIII mengatakan, buku ini isinya lengkap dan saya senang karena isinya lengkap ada tata cara ziaroh kubur sehingga bisa melakukan ziarah kubur di bulan Romadhon ini dengan benar.

 “Buku ini tidak hanya digunakan untuk saya sendiri, tetapi juga oleh Ibu Bapak saya karena disitu ada doa-doa yang berhubungan dengan puasa,” jelasnya. (ak/rf)