MTsN 2 Banjarnegara Berikan Santunan dan Zakat Warga Sekitar Madrasah

Banjarnegara – Masih dalam rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan, MTsN 2 Banjarnegara berikan santunan warga sekitar madrasah, Sabtu (23/4). Bertempat di aula madrasah, Kepala MTsN 2 Banjarnegara Ratna Ayu Kartika Wulan didampingi panitia zakat fitrah dan fungsionaris berikan santunan dan zakat fitrah kepada warga sekitar madrasah.

Pada sambutannya, Kepala MTsN 2 Banjarnegara menyampaikan agar pemberian santunan dan zakat kepada warga sekitar madrasah menjadi ladang pahala bagi kita semua. Muh Hidayat selaku panitia zakat juga memberikan motivasi kepada siswa madrasah untuk senantiasa bersyukur meski dalam keadaan dalam keterbatasan.

“Anak-anak tetap ciptakan semangat dalam diri kalian, walaupun kita juga tidak berlebih setidaknya kita bisa berbagi dengan orang lain, dan kita harus selalu bersyukur,” tegasnya.

Lebih lanjut, Muh Hidayat menerangkan bahwa membayar zakat fitrah dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Sebab, pada dasarnya zakat fitrah adalah turut meringankan beban seseorang terlebih di masa pemulihan setelah terkena dampak pandemi.

“Terlebih lagi mengeluarkan zakat fitrah bagi seorang muslim hukumnya wajib, dan tentunya zakat yang kita berikan pastinya akan berguna bagi yang membutuhkan,” tegasnya.

Kegiatan ini melibatkan siswa madrasah khususnya kelas VII dan VIII, hal ini bertujuan untuk melatih siswa agar bisa ikut berkontribusi dalam pembagian zakat di lingkungan tempat tinggal kelak. Dalam pembagian zakat siswa MTsN 2 Banjarnegara bertugas mencatat  dan memberikan zakat kepada warga sekitar madrasah. Selain warga sekitar madrasah zakat yang didistribusikan oleh MTsN 2 Banjarnegara salah satunya adalah panti asuhan. (uk/rf)