MTsN 2 Banjarnegara Kembangkan Kreativitas Siswa Dengan seni Tari

Banjarnegara – Dalam dunia pendidikan, seni memberikan pengaruh penting terhadap perkembangan mental maupun fisik peserta didik. Bahkan, dengan pendidikan seni, perilaku peserta didik dapat terbentuk kearah yang lebih baik karena seni dapat mengenalkan nilai-nilai dan norma- norma kepada peserta didik.

Dengan dasar itulah, MTsN 2 Banjarnegara melalui Guru Seni Budayanya mengembangkan pendidikan seni tari sebagai wadah para siswa untuk menyalurkan bakatnya dibidang seni tari. Pendidikan seni tari ini diajarkan melalui Kegiatan Mengajar dan Belajar khususnya bidang studi Seni budaya yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi, berapresiasi dan berkreasi.

Ruswati Yani selaku guru seni mengatakan pendidikan seni tari ini diharapkan terus berjalan supaya ada kaderisasi setiap tahunnya sekaligus sebagai persiapan untuk memeriahkan event-event  yang akan diikuti oleh MTsN 2 Banjarnegara nantinya.

“Sebenarnya cabang seni itu banyak, tetapi khusus seni tari biasanya agak sedikit susah untuk mencari bibit-bibit baru sehingga untuk mencari yang baru harus terus diadakan kaderisasi,” ucapnya, dikutip Senin (11/4).

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa dengan mengikuti kegiatan menari seorang siswa belajar berekspresi lewat tariannya sehingga dapat meningkatkan kreativitas serta kepercayaan diri baik dalam mengikuti pembelajaran maupun pergaulan di lingkungannya.

“Ini sarana yang tepat bagi siswi salurkan bakatnya ke hal-hal positif,” tambahnya.

Apresiasi dan dukungan juga diberikan oleh pihak madrasah dengan memberikan perlengkapan menari dan fasilitas berupa ruangan serta sound sistem untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan ini.

“Madrasah akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para siswanya selagi masih positif, termasuk dalam hal seni, termasuk seni tari karena Ini sarana yang tepat bagi siswi salurkan bakatnya ke hal-hal positif,” ujar Ratna Ayu selaku Kepala madrasah. (ry/ak/rf)