MTsN 4 Banjarnegara Gelar Pawai Karnaval dalam Rangka Tarhib Ramadan

Banjarnegara – Dalam rangka tarhib Ramadan tahun 1443 Hijriah, MTsN 4 Banjarnegara mengadakan kegiatan pawai karnaval yang diikuti oleh semua siswa dan guru pada hari Jumat, (1/4/2022) kurang lebih pukul 09.00 WIB. Pawai dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker. Sebelum pemberangkatan, para peserta pawai terlebih dahulu diberi pembekalan oleh kepala madrasah agar dalam pelaksanaannya nanti para siswa bisa tetap disiplin dan menjaga ketertiban di sepanjang jalan yang nanti dilaluinya.

“Saya harap kalian semua nanti dalam berpawai bisa menjaga kedisiplinan dan ketertiban di jalan raya agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Sidik Wibowo Akhmad, kepala madrasah, dalam pengarahannya.

Rute pawai tarhib Ramadan yaitu seputar Desa Lengkong, Kecamatan Rakit, start dari MTs Negeri 4 Banjarnegara . Rute ini tidak terlalu jauh, hanya wilayah sekitar madrasah, karena memang tujuan diadakannya pawai karnaval ini adalah selain menyambut datangnya bulan Ramadan, juga sekaligus salah satu cara syiar madrasah kepada masyarakat sekitar agar lebih dikenal dan dicintai .

“Tarhib Ramadan merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat dalam menyambut Ramadan, dan kali ini madrasah menggelar pawai selain karena hal tersebut, juga sebagai syiar agar MTsN 4 Banjarnegara lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat,” jelas Sidik Wibowo.

Pawai yang digelar oleh MTsN 4 Banjarnegara tersebut dimeriahkan juga oleh pasukan kesenian tek-tek  dan rebana yang dimainkan oleh para siswa. Para siswa peserta pawai juga membawa poster-poster yang berisi kata-kata sambut Ramadan. Selain itu , sepanjang jalan atau rute yang dilalui peserta, dibagikan juga kepada masyarakat sekitar lembar jadwal imsakiyah Ramadan oleh para guru dan petugas dari madrasah.

Acara pawai dalam rangka Tarhib Ramadan berjalan lancar dan tertib, serta  disambut dengan antusias oleh masyarakat.  Para peserta pawai tiba kembali di madrasah sekitar pukul 10.30 WIB.

“Kami sangat lega dan puas karena pawai berjalan lancar dan sukses, mudah-mudahan untuk tahun depan bisa terlaksana kembali dengan lebih baik,” pungkas ketua panitia, Sarif Hikmayanto. (khm/ak/rf)