Ngaji Bareng Menjadi Gayeng Di MTs NU 01. Gringsing

* Penyuluh Agama Islam Susahlit Danang Prakoso sedang berinteraksi dengan salah satu siswa yang mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan

Batang – Dalam rangka kegiatan Ramadhan 1433 H, MTs NU 01 Gringsing mengadakan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan didampingi oleh Bapak ibu guru serta karyawan itu digelar diaula madrasah pada Rabu (13/04) yang lalu. Kegiatan tersebut menghadirkan Tim Penyuluh Agama Islam Kecamatan Gringsing yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Gringsing. Tujuannya untuk memberikan tambahan pengetahuan agama untuk para siswa dan menguatkan pengetahuan agama yang sudah dimiliki siswa. Tampak para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala MTs NU 01 Gringsing, Ahmad Fauzi, memberi motivasi kepada seluruh siswa dan menyampaikan betapa pentingnya kegiatan Pesantren Ramadhan ini.

“ Pesantren Ramadhan di madrasah kita ini sangat penting dan bermanfaat untuk para siswa, karena bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta penguatan terhadap pengetahuan agama yang telah dimiliki mereka,” jelas Ahmad Fauzi.

Selain itu dia menyampaikan rasa terima kasih pada para penyuluh agama Islam yang telah memprogramkan kegiatan pesantren ramadhan ini untuk lembaga madrasah di Kecamatan Gringsing.

“ Saya sampaikan terimakasih pada Kepala KUA dan seluruh Penyuluh agama Islam yang telah memprogramkan kegiatan pesantren Ramadan ini dan madrasah ini menjadi salah satu yang dikunjungi,” tuturnya.

* Siswa MTs NU 01 Gringsing tampak antusias mengikuti kegiatan pesantren ramadhan yang digagas oleh Penyuluh Agama Islam bersama para Guru

Koordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Gringsing Susahlit Danang Prakoso dalam sambutannya bahwa pesantren Ramadhan ini terselenggara berkat kerja sama antara KUA Kecamatan Gringsing dan MTs NU 01 Gringsing.

“ Terimasih saya sampaikan pada Kepala beserta para guru yang teleh menerima para penyuluh di sini, acara ini terselenggara karena kerjasama yang sangat sinergis antara KUA Kecamatan Grigsing dengan Kepala Madrasah,” kata Susahlit Danang Prakoso

Dia juga menyampaikan keterangan tentang fungsi dan tugas KUA yang tidak hanya terkait dengan urusan pernikahan sebagaimana mafhum diketahui oleh banyak pihak. Menurutnya banyak sekali tugas dan fungsi KUA Kecamatan berdasarkan PMA. No. 34 Tahun 2016 KUA memiliki 10 tugas pokok.

“ Selain mengurus pencatatan pernikahan, KUA Kecamatan masih memiliki 9 tugas lagi yaitu menyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, mengelola dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan, melayani bimbingan keluarga sakinah, melayani bimbingan kemasjidan, melayani bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah, melayani bimbingan dan penerangan Agama Islam,  melayani bimbingan Zakat dan Wakaf, melaksanakan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan, serta melayani bimbingan Manasik Haji bagi Jemaah Haji Reguler,” jelasnya.

Ketua MUI Kecamatan Gringsing, KH Abu Amar Alhafidz yang juga termasuk sebagai salah satu anggota tim penyuluh agama Islam kecamatan Gringsing memberikan tausiyah yang pertama, dia menyampaikan banyak hal tentang pentingnya belajar Al- Qur’an dan huruf hijaiyyah.

“ Siswa madrasah untuk tidak bosan-bosan belajar Al-Qur’an, baik cara membaca dengan benar maupun hal yang terkandung didalamnya dengan para guru Al Qur’an maupaun para Kyai dan Ustadz yang memahami,” kata Abu Umar.

Semua siswa tampak mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat senang, karena dengan adanya kegiatan tersebut siswa menjadi tahu tentang pernikahan yang disampaikan dengan sangat menarik, juga pengetahuan tentang Hakikat Puasa serta sesi Tanya jawab dan kuis . (Aziz / Zy_humas/rf)