PAIF Kecamatan Mojolaban Gelar Penyuluhan Pernikahan untuk Remaja

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sukoharjo – Untuk menyemarakkan bulan Ramadhan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojolaban mengadakan kegiatan penyuluhan pernikahan untuk remaja. yang bertajuk “Memantaskan Diri Menunggu Kehadiranmu” Penyuluhan Pernikahan untuk Remaja.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 11 April 2022 pukul 16.30  sampai Maghrib bertempat di masjid Al-Huda dusun Nglayang desa Klumprit kecamatan Mojolaban Sukoharjo.

Peserta yang hadir adalah remaja masjid, ustadz ustadzah TPQ dan karang taruna se-Desa Klumprit.

Mulyadi selaku takmir masjid Al Huda menyambut baik diadakannya kegiatan ini, pihaknya berharap melalui kegiatan-kegiatan serupa para remaja di desanya khususnya yang tergabung dalam remaja masjid Al huda kelak akan memiliki bekal untuk semakin menyemarakkan syiar-syiar Islam di Desanya ” Kami selaku takmir masjid mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojolaban atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan pernikahan untuk remaja. Semoga ke depan para remaja masjid bisa lebih semangat dalam menjalankan kegiatan syiar keislaman di desa kami, ” kata Mulyadi.

Bertindak selaku narasumber pada kegiatan tersebut Kepala KUA Kecamatan Mojolaban, Suparno. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan materi penyuluhan yang terkait dengan dasar-dasar pernikahan dalam Islam, fikih munakahat, regulasi masalah pernikahan, dan motivasi untuk menyiapkan diri sebelum menikah.

“Adik-adik harus menyiapkan diri sebelum menikah, jangan sampai menikah dini belum cukup umur, karena menikah itu harus siap secara mental dan spiritual agar keluarga yang dibangun bahagia sakinah mawadah warahmah, ” tutur Suparno.

Sementara itu, Slamet Widodo mewakili Paif KUA Mojolaban dalam sambutannya mengaku sangat senang dengan sambutan dari takmir masjid dan remaja setempat atas kegiatan yang diadakan oleh Penyuluh dan bekerjasama dengan takmir masid tersebut. “ Saya sangat senang para remaja disini sangat antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang kami adakan ini, harapannya kelak akan benar-benar memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk melangkah membentuk keluarga yang sakinah, mawadah warahmah” kata Slamet Widodo.

Hal senada juga dikatakan oleh Sundari selaku koordinator penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojolaban. Dikatakannya kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Ramadhan penyuluh yang dilaksanakan bekerjasama dengan takmir masjid di wilayah kecamatan Mojolaban. Pihaknya menambahkan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meminimalisir maraknya kasus pernikahan dini, pernikahan belum mencapai umur. Selain itu juga untuk membekali para remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang berujung pada meningkatnya kasus perzinaan sebagai penyebab terjadinya pernikahan dini.

Kegiatan penyuluhan berakhir menjelang Maghrib dilanjutkan kegiatan buka bersama dan shalat Magrib berjamaah. (sun/djp/rf)