Pengawas PAI Imbau Kegiatan Tadarus Alquran Menjadi Budaya Religius di Sekolah

Semarang – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dirindukan kedatangannya dan disayangkan kepergiannya oleh umat muslim.

“Alhamdulillah Bulan Ramadhan datang kembali. Hanya karena kasih sayang Allah SWT kita dapat kembali menikmatinya. Menikmati kesempatan meraih berkah, rahmah, dan maghfirah-Nya yang semakin melimpah di bulan penuh hidayah ini,” tutur HM. Faojin Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang. Hal ini ia sampaikan dalam kegiatan monitoring pelaskanaan Ujian Sekolah di SDN Muktiharjo Kidul 04 pada Kamis (21/4/2022).

“Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan berusaha mengisi bulan Ramadhan dengan sebaik-baik amal, tentu dengan memohon kepada-Nya agar kita diberikan kekuatan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah  menuturkan bahwa sebagai bentuk rasa syukur hadirnya Bulan Ramadhan, SDN Muktiharjo Kidul 04 mengadakan kegiatan tadarus yang diikuti oleh guru dan siswa.

“Kami tekankan kepada peserta didik tentang keutamaan membaca Alquran sebagaimana sabda Rasulullah dalam salah satu hadis bahwa sebaik-baik manusia adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya,” tuturnya.

Ia menuturkan jika kegiatan tadarus dilaksanakan setiap hari setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan menyelesaikan 3 juz dalam sehari.

Menurutnya dengan adanya kegiatan tadarus bersama di SDN Muktiharjo Kidul 04 di bulan Ramadhan, selain meningkatkan ibadah membaca Alquran, juga untuk melatih anak-anak agar bacaan Alqurannya semakin baik dan lancar.

Ia juga menyampaikan bahwa puncak kegiatan yaitu khataman quran dilaksanakan pada Rabu (13/4/2022), dilanjutkan dengan istighosah dan sungkeman antara siswa kelas VI kepada orang tua masing-masing, dengan tujuan memohon doa restu agar pada gelaran Ujian Sekolah yang berlangsung pada tanggal 18-22 April 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Selain siswa dan orang tua murid, kegiatan juga diikuti oleh guru dan wali siswa kelas VI. Kegiatan dimulai jam 13.00 WIB dan berakhir menjelang waktu maghrib,” ujarnya. HM Faojin mengapresiasi kegiatan tadarus Alquran yang telah diinisiasi oleh SDN Muktiharjo Kidul 04, dan berharap agar kegiatan tersebut terus berlanjut dan menjadi budaya religius pada satuan pendidikan, sehingga akan terus meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah.(Faojin/NBA/bd)