Pentingnya Kedisiplinan Dikala Ramadan

Banjarnegara – Kegiatan pesantren Ramadan di MTsN 2 Banjarnegara sudah memasuki hari ketiga. Banyak kegiatan yang dilakukan selama kegiatan itu berlangsung, salah satunya adalah salat duha, tadarus dan membaca Asmaul Husna dilanjutkan dengan tausiah.

Pada kesempatan itu Muhammad Hanis salah pengisi tausiah menyampaikan tentang pentingnya kedisiplinan ketika dibulan Ramadan. Tujuan diberikannya materi tersebut  adalah untuk melatih kedisiplinan siswa dalam melaksanakan ibadah.

“Puasa tidak bisa dijadikan alasan kita untuk tidak berdisiplin, contohnya bangun siang dan telat berangkat sekolah, padahal jam masuk belajar sudah dilonggarkan yaitu 07.30,” tegasnya, dikutip Selasa (12/04).

Lebih lanjut Muhammad Hanis menjelaskan bahwa dibulan Ramadan ini harusnya kita justru lebih berdisiplin, terutama dalam beribadah. Menurut Hanis kedisiplinan siswa sangat penting untuk kemajuan diri siswa sendiri.

Kegiatan yang dilaksanakan di masjid madrasah ini diikuti oleh para siswa kelas VII MTsN 2 Banjarnegara. Kegiatan yang mengambil tema puasaku totalitas, Ramadanku berkualitas ini tidak hanya diisi oleh guru agama saja tetapi juga guru-guru yang lain ketika mengisi tausiah.

Wangid Sunandar selaku panitia pesantren kilat dan Waka kurikulum ini menjelaskan bahwa kegiatan pesantren kilat ini guna menambah pengetahuan siswa tentang ibadah-ibadah dibulan Ramadan.

“Untuk mengisi kegiatan ini kami tidak hanya menjadwal guru-guru agama saja tetapi juga guru umum yang lain, hal itu untuk menambah materi yang akan diterima siswa, tidak harus maslah salat, mengaji saja tergantung dari pengisi tausiah, asalkan masih ada hubungannya dengan Ramadan,” tegasnya. (ib/ak/rf)