Sambut Ramadhan, MI Nashrul Fajar melakukan Tarhib Ramadhan

Siswa/Siswi MI Nashrul Fajar menyambut Ramadhan dengan riang gembira.

SEMARANG – Menyambut datangnya Bulan Ramadhan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nashrul Fajar Kota Semarang menandai dengan digelarnya Pawai keliling kampung . Sekitar 900 siswa, tenaga pendidik dan karyawan MI Nashrul Fajar ikut meramaikan acara pawai ini. Pelaksanaan pawai dilaksanakan pada Jumat (1/4/2022), dimulai pada pukul 07.00 dengan diawali doa bersama dilapangan dan arahan dari Kepala Madrasah.

“Pawai ramadhan ini bertujuan untuk membekali anak-anak dalam persiapan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Pawai ini disebut dengan Tarhib Ramadhan. Sesuai dengan pengertian Tarhib Ramadhan yang berarti menyambut kedatangan bulan Ramadhan” ujar Abdul Khoer, Kepala MI Nashrul Fajar Kota Semarang.

Abdul Khoer juga menuturkan bahwa seluruh siswa dari kelas 1-6, semua guru dan tenaga non guru di MI Nashrul Fajar ikut serta meramaikan pawai untuk menyambut bulan ramadhan dengan tema santri dan budaya.

Pengambilan tema tersebut terlihat dari pakaian yang dikenakan oleh siswa. Siswa diperbolehkan memakai busana muslim dan pakaian adat daerah. Selain itu masing-masing siswa juga membawa kembang manggar. Kembang manggar sendiri adalah kerajinan yang menyerupai bunga kelapa yang terbuat dari kertas dengan beraneka warna.

Berbeda dengan 2 tahun sebelumnya yang tidak bisa melakukan kegiatan seperti ini. Kali ini anak-anak sangat senang dan antusias. Mereka mempersiapkan kegiatan pawai ini dengan membuat kembang maggar dirumah sebelum pelaksanaan pawai, “aku senang sekali akhirnya bisa pawai lagi, kemarin tidak bisa karena masih sekolah online. Aku sejak sebelumnya sudah persiapan bikin kembang manggar biar nanti waktu pawai bisa bagi-bagi buat yang dijalan kalau ada yang melihat.” ujar Faiq siswa kelas 5 A MI Nashrul Fajar Kota Semarang.

Rute kegiatan pawai dimulai dari MI Nashrul Fajar melewati Desa Tunggu untuk menuju Desa Genting lalu berputar arah melewati Desa Tunggu dan kembali ke MI Nashrul Fajar. “Jalan-jalannya tidak jauh, tapi kami senang.” kata Mutiara siswa kelas 1 C.

Siswa berjalan berurutan sesuai dengan kelasnya. Barisan  terdepan dipimpin oleh Beberapa guru dan siswa dengan membawa baliho yang bertuliskan “Segenap keluarhga besar MI Nashrul Fajar mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1443 H.”

Pelaksanaan pawai ini tetap menerapan Prokes yang ketat, kegiatan ini juga mendapatkan sambutan posotif dari wali siswa. Seperti yang di katakan salah satu wali siswa dari Muhammad Zada kelas 6A, Khofifah mengaku senang dan sangat mendukung dengan di adakannya kembali kegiatan seperti ini, karena dapat sebagai sarana silaturahmi dan interaksi antar siswa, serta untuk memotivasi siswa agar  lebih banyak bersyukur karena meraka dapat meyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita.

Kegiatan penyambutan hari besar islam selalu dilakukan di MI Nashrul Fajar Kota Semarang. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kataqwaan anak-anak serta dapat membentuk pendidikan karakter kepada anak-anak.

Pawai penyambutan bulan Ramadhan di MI Nashrul Fajar berjalan dengan lancar. Para siswa kembali ke MI Nashrul Fajar pada pukul 08.20. Kegiatan dilanjutkan dengan istirahat di madrasah. Beberapa siswa terlihat asyik bermain kembang manggar dilapangan ada pula siswa yang menikamati bekal yang sudah dibawa. Siswa juga terlihat ada yang sedang membeli makanan di koperasi sekolah. Farhan siswa kelas 3C mengaku sangat gembira, “aku sangat senang tadi aku jalan-jalan sama teman-teman. Aku juga tidak capek. Semoga besok bisa pawai lagi.”ujarnya sambil memegang botol minum. Khoer/Sukirman/bd