Selama Seminggu MI Miftahul Ulum 01 Tembalang Selenggarakan Ujian Madrasah

Mulai Senin, 11 April 2022, 40 murid MI Miftahul Ulum 01 Tembalang mengikuti Ujian Madrasah (UM) dengan penuh semangat dan antusias. Ujian Madrasah yang akan berlangsung sampai Selasa tanggal 19 April 2022 ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 H. Mesti demikian murid-murid MI Miftahul ulum 01 justru dapat lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan UM tahun 2022 ini, karena kondisi madrasah tenang , tidak ada keramaian para penjual makanan keliling di lingkungan madrasah. Dalam pelaksanaan UM tahun ini murid MI Miftahul Ulum 01 terbagi dalam 3 ruang yang masing masing berisi, ruang 1 terdiri dari 15 anak, ruang 2 terdiri dari 15 anak, dan ruang 3 terdiri dari 10 anak, sesuai ketentuan.

Setiap pagi sebelum UM dimulai anak-anak beserta guru melaksanakan shalat dhuha bersama di halaman madrasah, membaca al asmaul husna dan doa semoga pelaksanaan UM berjalan lancar,semua peserta sehat wal afiat dan mendapatkan hasil yang maksimal

Kepala MI Miftahul Ulum 01, Muhamad Jamil,S.Pd.SD menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan terima kasih kepada segenap guru dan wali murid atas kerja sama nya sehingga sampai hari kedua ini ,Selasa 12 April 2022 UM berjalan dengan aman tertib dan terkendali. Semua peserta UM hadir dan mengikuti ujian dalam keadaan sehat wal afiat. “ Semoga  UM yang dilaksanakan di bulan yang di dalamnya terdapat malam seribu bulan ini membawa berkah tersendiri bagi peserta UM tahun ini,”harap Muhamad Jamil.

Sedangkan guru kelas VI MI Miftahul Ulum 01, Ismiati, S.Pd.SD berharap murid-murid mendapat nilai yang maksimal karena mereka belajar, berdoa, dan tentunya disertai tirakat dengan berpuasa di bulan Ramadhan ini, tak kalah pentingnya semoga karakter mereka meningkat lebih baik dari sebelumnya.

Ketua kelas VI Miqdam Muhammad Luthfi mewakili teman-temanya mengucapkan terima kasih kepada BU Ismi ( panggilan akrab Ismiati )yang telah mendidik dengan penuh kesabaran, tak lupa pula kepada seluruh guru dan kepala madrasah. “ Semoga ibu dan bapak guru selalu disayang Allah dan sehat selalu, mohon doanya semoga kami kelak menjadi anak-anak sholih sholihah,” harap Miqdam.

Dikatakan Amhal Kaefahmi, Ujian Madrasah (UM) yang dilaksanakan oleh madrasah bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

UM dimaksudkan untuk:

  1. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik;
  2. Mengukur mutu pendidikandi tingkat Nasional, Propinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Madrasah;
  3. Mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan pada madrasah.

Sedangkan fungsi UM lebih ditekankan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan tamat belajar, alat pertimbangan dalam pemberian ijazah, umpan balik untuk perbaikan program pembelajaran di madrasah, dan sebagai alat pengendali mutu pendidikan.

“ Saya optimis MI di wilayah binaan dapat mengemban amanat ini dengan baik. Terlebih, selama ini, kami telah memberikan pembinaan, pembimbingan, dan pelatihan profesional guru melalui supervisi,pembelajaran.” Tutur Amhal Kaefahmi.

“ Saya selalu sampaikan bahwa peserta didik tidak mengingikan guru yang sempurna, tetapi mereka menginginkan guru-guru yang bahagia dalam mendampingi, membimbing, dan mendidik mereka. Sebagus apapun kurikulim yang disusun kepala madrasah bersama tim pengembang kurikulum madrasah; selengkapa apapun administrasi yang disusun guru, kalau mereka tidak bahagia maka tidak akan membuahkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Sebaliknya meski administrasi disusun secara sederhana ,didukung media pembelajaran yang sederhana pula, kalau guru bahagia menjalankan tugasnya sebagai pejuang pendidikan pasti akan menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga kehadiran guru sangat dirindukan peserta didik.” Lanjut Amhal Kaefahmi.

Pada hari ke 3 pelaksanaan UM, ketua umum yayasan Husnul Khatimah,KH.Drs .Masykur Iskandar hadir mengunjungi Mi Miftahul Ulum 01. Kehadiran beliau dalam rangka supervisi guna memastikan unit pendidikan di yayasan Husnul Khatimah dapat melaksanakan UM dengan baik, tidak ada  kendala terutama dalam sarpras dan pendukung lainnya.

“ Semoga anak-anak sehat selalu, siap mengikuti UM dari awal sampai akhir.” Harap Masykur Iskandar.

Selama pelaksanaan UM, anak-anak kelas 1 sampai kelas 5 belajar dirumah dengan pantauan guru kelas masing-masing melalui WA grup masing-masing kelas. (Jamil/Sukirman/bd)