Tiga Siswa MTsN 2 Pekalongan Rebut 8 Medali di RSO 2022

Kab. Pekalongan – Kabar prestasi peserta didik MTsN 2 Pekalongan kembali terdengar di Bulan Ramadhan yang mulia ini. Berpuasa, nyatanya tidak menjadi penghalang bagi siswa-siswa dalam belajar dan berprestasi. Terbukti, pundi-pundi prestasi kembali bertambah. Tiga siswa berhasil merebut 8 medali di sebuah kompetisi akademik tingkat nasional bertajuk “Ramadhan Science Olympiad” (RSO) 2022 untuk kategori SMP/MTs. (Senin, 25 April 2022).

Ketiga siswa MTsN 2 Pekalongan semuanya merupakan siswa kelas 8A, yaitu : 1.Naily Murodah, berrhasil memborong 4 medali sekaligus, yakni 2 medali Emas pada mapel IPA dan IPS, serta 2 medali Perak mapel PAI dan Matematika; 2. Rilza Dwi Aprilia, meraih 2 medali Emas yakni pada mapel IPA dan PKn; dan 3. Rico Juliansyah, meraih 2 medali yakni 1 Emas (mapel IPA) dan 1 perak (mapel IPS). Jadi total perolehan 8 medali (5 Emas, dan 3 Perak) telah dipersembahkan untuk madrasah oleh ketiga siswa berbakat tersebut.

Salah satu dari mereka, Rilza  menuturkan pengalamannya ketika mengikuti RSO.  Sebelumnya, ia mengaku sudah sering mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Event Cerdas Nusantara.

“Prestasi yang saya raih selama ini menjadi cambuk agar saya mampu mempertahankannya. Apalagi proses pendaftaran di Event Cerdas tergolong mudah dan gratis. Alhasil, saya tak mau melewatkan kesempatan begitu saja.” ungkap Rilza.

Rilza mendaftar melalui link yang disediakan di akun IG panitia. PT Event Cerdas Nusantara sendiri merupakan sebuah lembaga penyelenggara lomba online yang terpercaya dengan legalitas bernomor AHU-002601.AH.01.30.Tahun 2022. Sehingga, banyak pelajar di seluruh wilayah Indonesia dari tingkat SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/MA beramai-ramai mengikuti berbagai lomba yang digelar.

Rilza  dkk telah bersaing pada 6 mapel dimana masing-masing diikuti ratusan hingga ribuan peserta. Berdasarkan data yang didapatkan, peserta pada mapel IPA berjumlah 903 peserta, IPS 912, Matematika 486, PAI 1.058 dan PKn 893 peserta. Yang lebih membanggakan lagi adalah pada mapel IPA, Rilza berhasil menduduki peringkat 8 dari 903 pelajar SMP/MTs se Indonesia yang berkompetisi di RSO 2022.

Lebih lanjut Rilza menambahkan, soal-soal yang disajikan merupakan uji pengetahuan pada mapel tersebut. Selain mempelajari buku pelajaran, serta materi yang telah diajarkan oleh guru pembimbing, ia juga tak sungkan-sungkan untuk mencari informasi terkini serta memperkaya wawasan melalui internet.

Melihat semangat mereka dalam berprestasi, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti merasa bangga dan juga memberikan ucapan selamat.

“Selamat untuk Rilza dkk yang telah mempersembahkan medali bagi madrasah. Pesan saya, jangan patah semangat dan jadilah teladan bagi teman-temanmu. Raihlah masa depan yang gemilang !” pesannya. (Why/Ant/bd).