Upayakan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Siswa, MI Al Khoiriyah 01 Gelar Beberapa Kegiatan Keagamaan

Semarang, Guna mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan, pada lingkungan pendidikan mengadakan beberapa kegiatan tambahan yang berisikan keagamaan, terlebih lagi pada lembaga pendidikan madrasah yang notabene lembaga pendidikan agama Islam.

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Khoiriyah 01 yang berlokasi di Bulu Stalan kota Semarang merupakan salah satu madrasah yang pada bulan Ramadhan ini mengadakan beberapa kegiatan tambahan seperti tadarus Alquran maupun shalat dhuha yang dilakukan secara bersama-sama oleh siswa dan guru.

Hari ini, Selasa (5/4/2022), madrasah menggelar kegiatan membaca asmaul husna secara bersama-sama, dilanjutkan dengan murojaah, tadarus Alquran dan shalat dhuha. Kesemuanya dilakukan di aula madrasah dengan mengikutsertakan seluruh warga MI Al Khoiriyah 01 Semarang.

Rohman selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilakukan secara rutin selama bulan Ramadhan 1443 H.

“Kegiatan-kegiatan tersebut akan kami lakukan secara rutin selama bulan Ramadhan, dengan tujuan untuk menumbuhkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah SWT,” tutur Rohman.

Sementara itu, Makmum Murod salah satu guru pada MI Al Khoriyah 01 menuturkan bahwa penambahan kegiatan keagamaan memang perlu dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan terlebih di madrasah, karena kegiatan tersebut akan sangat membantu memberikan bekal terhadap siswa-siswi guna mempertebal keimanannya,” ujarnya.

“Seusia anak-anak MI adalah masih dunia bermain, jika tidak dibekali dengan ilmu keagamaan maka lama-kelamaan keimanan terhadap Allah SWT akan terkikis, karena lebih suka dengan permainan daripada beribadah. Apalagi mainan sekarang sudah canggih dan dapat dilakukan dimana saja, karena maraknya game online yang bisa diakses melalui android/handphone (HP),” sambungnya.

“Maka dengan adanya jam tambahan kegiatan keagamaan disertai dengan bimbingan dari para asatidz/asatidzah, semoga dapat menjadikan pembiasaan siswa dalam beribadah kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terbentuk karakter generasi Islami,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap pagi, sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada kelas masing-masing. (SAW/NBA/bd)