UPZ FKPAI Kecamatan Candimulyo Bersinergi untuk Berbagi

Kota Mungkid – Momen ini adalah tahun kedua Unit Pengumpul Zakat Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (UPZ FKPAI) Kecamatan Candimulyo bisa mentasarufkan zakat yang dititipkan oleh para muzaki kepada para mustahiq di wilayah Kecamatan Candimulyo. Acara yang berlangsung di aula Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang ini dihadiri oleh  Forkompimcam Candimulyo, Kepala KUA dan para penyuluh agama Islam yang tergabung dalam FKPAI serta seorang Muzakki.

Sebanyak 35 mustahiq sebagai asnaf fakir miskin serta 8 asnaf Sabilillah hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Azizah Herawati selaku Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Candimulyo mengucapkan banyak terimakasih kepada para muzakki yang mempercayakan kepada UPZ FKPAI Kecamatan Candimulyo untuk mengelola dan mentasarufkan zakat mereka. Harapannya ke depan, akan semakin banyak Muzakki yg melakukan hal serupa.

“Kami siap menampung, menjemput dan menyalurkan zakat dari para muzakki. Tidak hanya bersifat konsumtif, namun insyaallah kami siap mensupport para mustahiq yang memiliki usaha untuk memperoleh zakat produktif agar bisa berkembang.  Kamipun siap mengadakan pendampingan,” tambahnya.

Sementara itu, Gunadi yang hadir mewakili Camat Candimulyo memberikan apresiasi dan motivasi atas kegiatan ini dan mengajak semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam program tersebut. “Saya salut dengan program FKPAI Candimulyo yang ingin mengadakan perubahan. Harta itu harus dizakati, biar hidup lebih tenang. Butuh kerja ekstra dari para penyuluh untuk menyadarkan tentang pentingnya zakat kepada masyarakat,” tutur Gunadi. Beliau sangat mendukung program ini dan siap turut ambil bagian untuk menitipkan zakatnya.

Meskipun acara yang berlangsung Senin, (25/04/2022) ini bersamaan dengan kegiatan Gerakan Sejuta Vaksin yg diadakan di tempat yang berbeda, namun acara berjalan lancar dan penuh hidmat.

“Alhamdulillah, kami berbagi tugas, ada yang di sini mengurus pentasarufan, dan sebagian bertugas mensukseskan program vaksinasi,” kata Ahmad Yaenu Rosihin selaku Ketua UPZ FKPAI Kecamatan Candimulyo.

Selain pentasarufan zakat, juga disalurkan 100 Al Qur’an yang merupakan wakaf dari seorang Muzakki dari Bekasi. Targetnya adalah para penyuluh, guru ngaji dan masyarakat yang membutuhkan.(fs/Sua)