Yunus Anis: Guru Harus Manfaatkan Ruang Digital

MTsN 2 Rembang – Mulai Selasa (26/4/2022), peserta didik MTs Negeri 2 Rembang sudah memasuki libur hari raya.  Keadaan ini dimanfaatkan untuk memberikan tutorial pelatihan pemanfaatan fasilitas digital oleh guru-guru MTs Negeri 2 Rembang.

Hal ini sebagai tindak lanjut  yang  disampaikan oleh Kepala MTs Negeri 2 Rembang,  Muhammad Yunus Anis saat rapat pembinaan guru dan staf tata usaha pada Senin (25/4/2022). Anis mengatakan, dengan ruang digital harus bisa dimanfaatkan oleh guru untuk pembelajaran.

“Jangan sampai fasilitas digital yang sudah kita miliki rusak karena tidak dipakai,” kata Yunus Anis. Ia meminta supaya ruang digital benar-benar difungsikan sebagai sarana pembelajaran.

Pelatihan dipandu oleh Slamet Winarto selaku guru Bimbingan TIK. Peserta adalah guru MTs Negeri 2 Rembang. Menurut Slamet Winarto, selama pandemi seluruh guru sudah melakukan pembelajaran digital dengan media pembelajaran yang berbeda. Namun belum seluruhnya dalam pembelajaran guru memanfaatkan ruang digital.

Dalam pelatihan ini,  materi yang disampaikan oleh Slamet Winarto adalah  pembuatan media pembelajaran digital.  Disini guru diajak untuk mengemas materi pelajaran dalam bentuk yang menarik sehingga diharapkan dapat merangsang dan memotivasi peserta didik dalam belajar.

Dalam kesempatan ini, Slamet Winarto mengingatkan dan menekankan, di era digital ini guru harus mempunyai akun Gmail. “Sebenarnya semua guru sudah mempunyai gmail. Namun yang sering terjadi lupa dengan akunnya dan  pasword sehingga Gmail tidak dapat digunakan,” ungkap Slamet Winarto.

Fitria Catur Wulandari, salah satu guru MTs Negeri 2 Rembang meyampaikan, media pembelajaran digital akan lebih mempermudah guru dalam menentukan skenario pembelajaran. ” perkembangan teknologi digital menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan menyusun pembelajaran,” kata Fitri. (Wient/iq/rf)