Apel Penghormatan Bendera, Integritas ASN Jadi Keniscayaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan apel penghormatan bendera merah putih yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 bulan berjalan. Segenap ASN di lingkungan Kemenag Kendal berbaris rapi mengikuti apel yang berlangsung di halaman Kantor setempat, Selasa (17/5).

Diawali dengan pengucapan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI yang ditirukan oleh seluruh peserta apel sebagai pemantik semangat. Dilanjutkan amanat pembina apel yng disampaiakan oleh Kepala Kantor Kemenag Kendal yang memaparkan pentingnya setiap aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama Republik Indonesia untuk tetap menjunjung tinggi integritas.

“Jika ASN tidak memiliki integritas yang baik, maka sudah barang tentu layanan yang diberikan dari ASN terhadap masyarakat tidak akan disampaikan dengan baik. Oleh karenanya integritas untuk seorang ASN adalah sebuah keniscayaan,” ujar Kakan Kemenag, Mahrus.

Mahrus juga mengajak ASN Kemenag Kendal untuk cerdas dalam membaca kondisi dengan kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan dapat dikatakan atau dirasakan berhasil jika mampu membuat masyarakat tersenyum terhadap pelayanan yang kita berikan. Masyarakat harus merasa nyaman dan senang terhadap pelayanan yang kita berikan,” imbuhnya.

Integritas adalah suatu elemen karakter yang mendasari timbulnya pengakuan profesional. Integritas adalah kunci untuk menjadi ASN profesional, integritas adalah kesesuaian antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. ASN profesional mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan Reformasi birokrasi ASN di lingkungan Kementerian Agama diharapkan dapat turut berkontribusi dalam mendidik dan melakukan pembinaan keagamaan dengan terus mengedepankan integritas.

Integritas di sektor layanan publik merupakan syarat penting untuk berfungsinya negara secara efektif, untuk membangun kepercayaan publik pada institusi pemerintah, dan untuk menciptakan kondisi yang berkelanjutan dalam sektor pembangunan sosial dan ekonomi di masyarakat. (bel/rf)