Beredar Foto Hoax Menag Rangkul Ragil Mahardika, Kakanwil Jateng : Editannya Kasar!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas)- Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menegaskan bahwa foto Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang nampak sedang merangkul Ragil Mahardika merupakan foto hoax hasil editan oknum tak bertanggung jawab. Ragil Mahardika mulai ramai dibicarakan masyarakat melalui media sosial Tik Tok. Dirinya mengaku gay yang menikah dengan pria asal Jerman.

“Kemajuan teknologi harus kita gunakan secara bertanggungjawab,” demikian ditegaskan Kakanwil Musta’in Ahmad menanggapi beredarnya foto hoax Gus Yaqut, Senin (16/5), ditemui saat menyambut kehadiran Gus Yaqut dalam rangkaian kegiatan Waisak 2566 BE /2022 M di Kawasan Candi Borobudur.

“Ini perbuatan keji yg bernuansa fitnah dari seseorang yan g mengabaikan tanggung jawab moral, tanggung jawab sosial dan tanggung jawab intelektual,” imbuh Kakanwil.

Kakanwil mengingatkan, selain ada pertanggungjawaban dunia, sebagai Bangsa yang beragama seharusnya kita mengingat tanggung jawab akhirat. Membuat dan menyebarkan foto editan yang merusak nama baik seseorang itu pasti berat tanggung jawabnya dan besar pula dosanya.

Seirama dengan Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Menteri Agama yang meminta agar Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengawasi dunia maya dengan lebih tajam. Apalagi obyeknya adalah Tokoh Agama sekaligus Pejabat Pemerintah, pastilah dampaknya bisa menimbulkan fitnah dan kegaduhan yang mengganggu efektivitas pelayanan masyarakat. Meskipun dalam kasus ini, Musta’in meyakini masyarakat tidak akan mudah terprovokasi oleh foto hoax itu.

“Tidak diperlukan keahlian khusus bagi seseorang untuk mengetahui itu foto editan, editingnya kasar, hoax nya jelas,” pungkasnya. (ps/rf)