Bimbingan Manasik Haji 4 Kecamatan, Jemaah Haji Indonesia Mabrur, Sehat, Barokah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Manasik Haji Gabungan empat kecamatan, Karangpandan, Tawangmangu, Ngargoyoso dan Kerjo mulai dilaksanakan mulai Jumat, 27/5/2022 akan berakhir Senin 30/5/2022, Panitia Penyelenggara Gabungan  di ketuai oleh Kepala KUA Karangpandan, Muclis Nafi’un, S.Ag,  yang berusaha memberikan pelayanan dengan baik kepada calon tamu Allah. Tempat kegiatan digelar di Java Resto kawasan wisata Kemuning Ngargoyoso harapannya agar Manasik sambil menikmati keindahan kebun teh dengan udara yang sejuk sehingga suasana menjadi fresh, juga penataan ruangan belajar dan menu tiap hari yang bervariasi dapat menarik seluruh jamaah untuk hadir dan mengikuti materi dengn semangat.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kemenag Kab. Karanganyar Drs. H. Wiharso, MM, mengungkapkan bahwa kegiatan ini spesial karena waktu yang sama ada enam tempat penyelenggaraan Manasik Haji.

“Mengikuti Manasik dengan baik untuk menggapai Haji Mabrur yang balasannya Surga, beliau juga menyemangati Jamaah dengan menuntun bacaan Talbiah, kegiatan akan diakhiri dengan Materi Paraktik yang bertempat di Pondok Pesantren Isykarima Karangpandan yang akan dibimbing langsung oleh Ustadz Syihabudin Alhafidz,” Jelasnya.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk bimbingan manasik haji kepada Jemaah haji kabupaten Karanganyar tahun 2022 agar jemaah haji memahami tentang haji  dan dapat mempraktekkan manasik haji secara benar dan mandiri sesuai tuntunan agama serta mencapai haji mabrur. Dengan Motto Jemaah Haji Indonesia Mabrur Sehat Barokah,” lanjutnya.

Wiharso mengucapkan syukur atas dibukanya kembali pemberangkatan haji setelah 2 Tahun tertunda akibat pandemi covid 19.

“Kami berpesan kepada jemaah haji Kab. Karanganyar untuk mengikuti aturan dan prosedur perjalanan ibadah agar tidak tercecer terpisah dengan regu rombongan dan tetap terkoordinasi sehingga dapat menjalankan ibadah dengan maksimal serta menjadi Haji yang Mabrur diterima oleh tuhan yang Maha Esa,” harapnya.

Kegiatan bimbingan manasik haji dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan selama 6 hari, dengan rincian 2 kali bimbingan masal di tingkat kabupaten dan 4 kali bimbingan kelompok di masing-masing KUA Kecamatan. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan manasik jemaah Haji Kab. Karanganyar akan dijadwalkan berangkat menuju Embarkasi Donohudan Boyolali. Materi bimbingan manasik haji tahun 2022 mengacu pada Surat Edaran no: P-13.014/DJ/Dt.II.I/1/HJ.01/05/2022  Perihal: Materi Manasik Haji Tingkat Kab/Kota dan KUA Kecamatan Tahun 1443 H/ 2022M  dan berpedoman pada Kepdirjen PHU No. 146 Tentang Pedoman Pelaksanaan Manasik Haji Tingkat Kab/Kota dan KUA Kecamatan Tahun 1443 H/ 2022M.(ida/sua)