Dharmasanti Waisak 2566 BE/2022 di Candi Borobudur, Terus Rekatkan Tali Persaudaraan pada Sesama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Pelaksanaan Dharmasanti Waisak 2566 BE/2022 di kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah Senin (16/05/2022) Pukul 19.55 WIB, menjadi satu rangkaian perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Propinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, Panut turut hadir pada agenda Dharmasanti.

Menag berharap seluruh umat Buddha Indonesia, memiliki tanggung jawab untuk ikut membangun masyarakat yang rukun damai dan sejahtera. “Saya percaya dengan memahami kebenaran dharma yang hakiki, umat Buddha Indonesia dapat mengambil peran tersebut dengan sebaik-baiknya,” harap Menag.

Melalui momentum Peringatan Hari Tri Suci Waisak tahun ini, Menag memberikan apresiasi yang tinggi pada kebersamaan umat Buddha. Hal tersebut terbukti dari sukses dan lancarnya kegiatan perayaan Waisak yang melibatkan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), dua organisasi umat Buddha yang ada di Indonesia.

Melalui sambutannya Menag berpesan pada seluruh umat Budha untuk terus merekatkan tali persaudaraan antar sesama sebagaimana tertuang dalam kitab suci Dhammapada, yang menyatakan bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran ajaran yang benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan sehingga persatuan WALUBI dan Permabudi harus terus dipertahankan karena merupakan sebab kebahagiaan.

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga memberikan apresiasi pada umat Buddha atas komitmennya tetap menjaga protokol kesehatan selama penyelenggaraan Perayaan Tri Suci Waisak. “Dengan tetap menjaga protokol kesehatan acara tetap bisa berjalan meriah dan sacral,” ungkap Menag.

Sejalan dengan hal tersebut, Kakankemenag juga menyampaikan bangga karena perayaan tersebut dapat terselenggara secara hybrid, sehingga yang tidak bisa hadir karena adanya pembatasan bisa mengikutinya melalui online.

“Perayaan ini sangat meriah dengan tetap menjaga protokol kesehatan, semoga dengan adanya agenda kegiatan ini dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan yang memunculkan kedamaian,” kata Kakankemenag.

Dalam peringatan Dharmasanti Waisak tersebut, hadir Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta wakil dari Kapolri dan TNI.(fs/Sua)