Dorong Kemandirian Calon Jamah Haji, Kemenag Kebumen Gelar Bimbingan Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Sebanyak lima ratus sembilan belas (519) calon jamaah haji kabupaten Kebumen siap berangkat, mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten, Senin (23/05) di Candisari Hotel Karanganyar. Dalam kegiatan manasik ini, para Jama’ah diberikan pembekalan oleh Kasubbag TU Kantor Kementrian Agama Kebumen H. Khamid agar para Jama’ah bisa semakin mantap dalam menjalankan ibadah Haji di tanah suci nantinya.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Kebumen dalam hal ini diwakili oleh Asisten 3 Maskhemi, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Edward Hendri, Kabag Kesra, dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kebumen Teguh Supriyantoro.

Saat memberikan sambutan, Kasi PHU Kemenag Kebumen Teguh Supriyantoro menjelaskan, kegiatan bimbingan manasik ini dimaksudkan untuk membekali para jamaah calon haji tahun 1443 H/2022 M asal Kabupaten Kebumen de4ngan berbagai pengetahuan dan ketrampilan agar mereka dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar, benar, aman dan nyaman.

Disamping itu, melalui bimbingan manasik haji ini mereka juga diberikan ketrampilan dan pengetahuan lain sejak berangkat dari tanah air hingga selama berada di tanah suci, maupun selama perjalanan pulang kembali ke tanah air.

“Melalui bimbingan manasik ini harapannya para calon jamaah dapat melaksankan ibadah haji dengan baik dan benar serta mandiri, sehingga nantinya diharapkan menjadi haji yang mabrur,” ujar Teguh Supriyantoro.

Menyinggung pemberangkatan calon Jama’ah Haji Kebumen, dia mengatakan sampai saat ini masih menunggu nomor kloter yang diberikan oleh Dirjen PHU Kementrian Agama RI. Sehingga menurutnya, sampai dengan hari ini belum ada keputusan tanggal pastinya untuk pemberangkatan.

Bupati Kebumen melalui Asisten 3 Maskhemi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan bimbingan manasik ini. Senada dengan Kasi PHU,  Bupati juga berharap agar jamaah calon haji asal kabupaten Kebumen dapat melaksanakan haji secara mandiri.

“Kemandirian ini sangat penting karena pada dasarnya ibadah haji itu dilaksanakan secara mandiri. Meskipun juga terdapat banyak hal yang dilaksankan secara berkelompok,” Ujar Bupati Kebumen melalui Asisten 3 H. Maskhemi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kebumen, Kementerian Agama, Pemerintah Pusat dan seluruh stakeholder selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah. “Demikian pula petugas – petugas di lapangan,” katanya.

“Saya pastikan dan intruksikan seluruh petugas untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Karena melayani masyarakat, termasuk jamaah haji adalah sebuah kebahagiaan bagi kita  dan juga bagian dari ibadah,” tegas Bupati.(fz/bd).