Eyza Aish Arzi Peraih medali emas Olimpiade Sains Cerdas Indonesia 2022, Begini Rahasianya

Banjarnegara – Eyza Aish Arzy merupakan salah satu pahlawan di MTs N 1 Banjarnegara 2022. Dia meraih medali emas pada mapel IPA di olimpiade Sains Cerdas Indonesia pada Selasa, (10/5/22).

Lahir di Banjarnegara pada 2008 silam, remaja yang akrab disapa Aish memutuskan memilih mengikuti olimpiade pada bidang mapel IPA sebab sedari kecil ia sudah melahap bacaan-bacaan IPA yang disuguhkan oleh Ibunya.

Pada tahun 2021 di olimpiade DSC Mapel matematika, Aish menjadi juara 1 dengan meraih medali emas setelah mengalahkan siswa/siswi lainnya di jenjang SMP/MTs se-Indonesia.

Eyza Aish Arzy bukan satu-satunya cendekiawan MTs N 1 Banjarnegara yang berhasil menyumbangkan medali emas kala itu. Sebab, masih ada siswa/siswi berprestasi yang juga menyumbangkan emas untuk MTs N 1 Banjarnegara pada event yang berbeda. 

Saat diwawancarai, Eyza Aish Arzy menyebut, ketertarikannya dengan mapel IPA pun dimulai sejak ia berusia 10 tahun. Mengawali perjuangannya dengan mengikuti berbagai event pada secara online.

Hingga akhirnya memasuki jenjang MTs, perjuangannya di bidang akademik kian cemerlang hingga pada 2021 Eyza Aish Arzy dipanggil Ibu Novi selaku pembimbing mapel IPA bersama rekannya, Sumiati. Prestasinya mulai terlihat saat ia meraih medali emas di event Loren Science Olympiad Junior pada Desember 2021.

Eyza Aish Arzy kemudian memutuskan untuk terus membawa nama baik MTs N 1 Banjarnegara dengan mengikuti berbagai event akademik di berbagai mapel lainnya. Berangkat dari situ, tercetuslah ide Eyza Aish Arzy untuk terus menginspirasi teman-teman MTs N 1 Banjarnegara untuk mengikuti jejak usahanya. (ran/ak/rf)