Himbauan Bupati Jelang Keberangkatan Haji Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Menjelang keberangkatan jemaah haji ke tanah suci, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melaksanakan Pembukaan dan Orientasi Bimbingan Manasik Jemaah Haji Kabupaten Pati Tahun 1443 H / 2022 M di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (18/05). Acara tersebut dibuka oleh Bupati Pati, Haryanto dan turut dihadiri Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, jajaran Forkopimda Pati, serta jemaah haji Kabupaten Pati.

Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kab. Pati, Abdul Kharis, mengatakan bahwa kepastian keberangkatan haji tahun ini dilaksanakan serba mendadak dan mepet sekali dengan waktu keberangkatan sehingga persiapannya serba terburu-buru dan tergesa-gesa.

“Jemaah haji lunas tunda 2020 sejumlah 1.295 orang. Dari jumlah tersebut yang dipanggil masuk kuota pemberangkatan 2022 sejumlah 727 orang. Kemudian untuk jemaah haji yang sudah masuk kuota dan sudah registrasi ulang sejumlah 693 orang,” ungkap Abdul Kharis.

Meskipun sampai saat ini belum terdapat kepastian jadwal kloter, namun Kharis menuturkan bahwa draf awal jadwal pemberangkatan haji tahun ini Kabupaten Pati berada di kloter SOC 1 dan 2 yang akan masuk asrama haji pada tanggal 3 Juni 2022.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengatakan keberangkatan haji kali ini istimewa karena Ketua PCNU, Kiai Yusuf Hasyim beserta istri dan Ketua PD Muhammadiyah, Kiai Muhammad Asnawi beserta istri berangkat bersama.

Bupati Haryanto menambahkan, dirinya beserta jajaran Forkopimda ikut mendoakan jemaah haji agar senantiasa diberi kesehatan ketika melaksanakan ibadah di tanah suci.

“Yang terpenting adalah diberi sehat, karena ibadah haji tidak hanya ritualnya saja tetapi juga ibadah fisik. Oleh karena itu membutuhkan fisik yang kuat. InsyaAllah, jika mampu menjaga fisik dan kesehatan, mampu menjalankan rukun, wajib, dan sunah-sunah haji dengan sempurna tanpa terlewat,” pesan Haryanto.

Selain menjaga kesehatan, Bupati Haryanto juga menuturkan agar selalu bersyukur karena jika dibandingkan dengan antrian keberangkatan haji di luar negeri, antrian keberangkatan haji di Indonesia lebih cepat.(fza-at/Sua)