Juarai Lomba Cerpen Kartini 2022, Firza Sujud Syukur

Banjarnegara – Refleksi peringatan hari Kartini 2022 yang digelar pada 21 April 2022 lalu menjadi lebih bermakna bagi Firza Azhar Al Fata, siswa kelas menulis di MTs N 1 Banjarnegara ini berhasil menjadi juara dua dalam lomba menulis cerpen. Hal itu diumumkan pada saat apel pagi pada Kamis, (12/5/22).

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 21 April 2022 ini diselenggarakan oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTs N 1 Banjarnegara dalam rangka memperingati hari Kartini. Terdiri atas empat kategori lomba yakni lomba menulis cerpen, puisi, berita, dan juga Lomba cerdas cermat (LCC) tentang sosok perempuan yang membanggakan.

Sebagai wali kelas menulis, Risky Arbangi Nopi mengirimkan 7 orang wakil untuk mengikuti berbagai serangkaian lomba Kartini, diantaranya Zahlia untuk mengikuti lomba menulis puisi, Ifa untuk mengikuti lomba menulis berita, Firza untuk kategori cerpen, dan Roifah, Khanza, serta Selvia untuk mengikuti lomba LCC.  

Dari dua kategori lomba yang diikuti, tentunya Firza mampu meraih juara dua di kategori menulis cerpen. Saat ditemui di MTs N 1 Banjarnegara, remaja yang juga hobi bermain basket ini mengaku senang atas raihan prestasinya.

Firza mengaku selama mengikuti kegiatan perlombaan menulis cerpen selalu dibimbing oleh wali kelasnya yaitu Risky Arbangi Nopi.

“Saya selalu berlatih dan mengasah kemampuan saya dengan cara rajin menulis cerpen dan mencari tahu lebih banyak tentang cara penulisan cerpen yang baik dan benar” jelasnya dalam wawancara pada Kamis, (12/5/22) dengan penuh kepercayaan diri.

Lebih lanjut melalui cerpennya, Firza menjelaskan tentang sosok Kartini masa kini dalam memperjuangkan hak serta keadilan para wanita di Indonesia.

Di Akhir wawancara, anak kedua dari tiga bersaudara ini berharap bahwa dirinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meneruskan jejak prestasinya yang akan datang.

“Saya senang dapat dipercaya oleh guru saya Bu Arbangi dan teman-teman saya untuk berpartisipasi dalam lomba menulis cerpen. Dengan kepercayaan ini, semoga saya bisa membawa nama kelas menulis yang lebih baik dan unggul.” tandas Firza dengan wajah gembira. (ran/ak/rf)