Kemenag Blora Gelar Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam

Blora – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora gelar Penguatan moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Blora, Rabu (25/5). Bertempat di Rumah Makan Mr. Green, Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad secara langsung memberikan materi penguatan moderasi beragama.

Penyuluh Agama Islam sebagai ujung tombak Kementerian Agama memiliki peran strategis dalam membina sekaligus menyampaikan berbagai informasi termasuk dalam terapkan moderasi beragama di wilayah binaannya. 

Keberagamaan masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Blora pemahaman moderasi beragama sangat penting untuk diterapkan dan dikenalkan kepada masyarakat.

Menurut Kakanwil, Moderasi Beragama merupakan proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebih-lebihan saat mengimplementasikannya.Hal terpenting dalam menerapkan nilai moderasi beragama yakni cara pandang dan sikap moderat dalam beragama, karena hanya dengan cara itulah keragaman dapat disikapi secara bijak, serta toleransi dan keadilan dapat terwujud di tengah perbedaan suku agama budaya dan golongan.

“Penguatan moderasi beragama harus mengedepankan semangat kebangsaan, toleransi, antikekerasan dan penghormatan terhadap tradisi. Nilai-nilai dasar ini merupakan bagian penting dari upaya penguatan moderasi beragama di tengah masyarakat.” ujar kakanwil

Ia menekankan, moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan.

“Moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan kita dalam beragama. Moderasi beragama merupakan hal yang sangat penting, karena kita hidup di sebuah alam yang transnasional dan bergerak sedemikian rupa sehingga diharapkan memiliki pondasi yang kuat.” kata Musta’in

Adapun dalam pembukaan acara tersebut Kakankemenag Kab. Blora, M. Kahfi menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Prov. Jateng atas kehadirannya untuk memberikan materi Penguatan Moderasi Beragama Bagi penyuluh Agama Islam. 

“Indonesia adalah negara yang bermasyarakat religius dan majemuk. Khususnya di Blora sendiri ada 6 agama yang dianut serta berbagai golongan agama. Tentunya banyak perbedaan, jangan dijadikan ajang perpecahan. Semoga dengan kegiatan ini dapat menguatkan pemahaman moderasi bagi Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Blora.” pungkasnya. 

Kegiatan ini diikuti oleh penyuluh agama Islam PNS dan Non PNS se-Kabupaten Blora serta bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah H. Musta’in Ahmad, (Kakanwil Kemenag Prov. Jateng), H. M. Kafit, (Kakankemenag Kab. Blora), dan Dr. H. Muhammad Dzofir, (Dosen IAIN Kudus). (nn/rf)