Kemenag Kendal Gelar Rakor Persiapan Manasik Haji 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal gelar Rapat Koordinasi Persiapan Manasik Jamaah Haji Reguler Tingkat Kabupeten dan Kecamatan, dengan mengundang kepala KUA, KBIHU, Dinas Kesehatan dan Sekretariat Daerah, bertempat di aula lantai 2 Kantor Kemenag Kendal, Rabu (18/5).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus menyampaikan haji merupakan agenda kerja nasional yang memerlukan didukung serta dipersiapkan secara matang agar dapat berjalan dengan baik dan sukses, selain itu penting untuk memastikan kesiapan jamaah haji yang berangkat benar-benar siap, baik secara fisik maupun kelengkapan seluruh dokumennya.

“Salah satu yang menjadi tanggung jawab besar Kemenag dan pemerintah Kabupaten Kendal dalam pelaksanaa persiapan penyelenggaraan haji adalah memberikan layanan bimbingan manasik haji kepada jemaah haji. Yang tentunya akan segera dilaksanakan pembekalan ilmu melalui manasik haji sebanyak enam  kali, yakni dua kali di laksanakan tingkat Kabupaten dan empat kali dilaksanakan di Kecamatan,” tutur Mahrus.

Kakan Kemenag berharap calon jamaah haji kebupaten Kendal dapat menguasai rukun, wajib, sunnah dan larangan dalam melaksanakan ibadah haji sebab dengan menguasai rukun wajib dan sunnah serta  larangan dalam ibadah haji tersebut maka insya Allah pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar dan baik .

“Muda-mudahan setelah pelaksanaan manasik haji, dalam pelaksanaan ibadah hajinya jamaah Kabupaten Kendal tidak mengalami kesulitan saat pemberangkatan, saat di arab saudi serta kembalinya ke Indonesia hingga mendapatkan gelar haji yang mabrur,” pungkasnya.

Hingga saat ini Kemenag Kendal telah melakukan langkah persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022, salah satunya menyiapkan dokumen jamaah haji berupa paspor yang kemudian dikirimkan ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Selain itu melalui Seksi PHU masih menunggu konfirmasi pelunasan dari jamaah haji yang ditetapkan berangkat tahun ini, batas konfirmasi yakni tanggal 20 Mei 2022. (bel/rf)