Launching Aplikasi Perpustakaan Digital MTs N 2 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Selasa (17/5/2022) merupakan Hari Buku Nasional (Harbuknas).  Penetapan 17 Mei sebagai Harbuknas pada saat Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong masa kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Demikian dengan MTs N 2 Kota Semarang juga memperingati Harbuknas pada Selasa (17/5/2022)  dengan mensosialisasikan perpustakaan digital yang dimiliki oleh madrasah kepada seluruh civitas akademika MTs N Kota Semarang.

Rofiatun, Kepala Perpustakaan menerangkan latar belakang pembuatan perpustakaan digital di MTsN 2 Kota Semarang. “Perpustakaan digital kami gagas untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh warga MTs N 2 Kota Semarang. Diakui atau tidak, kita lebih suka mengorek informasi secara lisan (mendengar), bukan membaca (tekstual) media cetak. Padahal, untuk bisa memperoleh informasi dari informan yang berkompeten tentu memerlukan waktu bahkan tempat tertentu. Oleh karenanya dengan adanya perpustakaan digital diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut, yaitu dalam memperoleh informasi baik guru, siswa maupun tenaga kependidikan tidak perlu meluangkan waktu dan tempat khusus untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Perpustakaan digital dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Memang disini para penerima manfaat dari perpustakaan digital tetap dituntut untuk mau membaca, tetapi dengan tampilan yang modern serba digital diharapkan hal ini bisa meningkatkan minat membaca,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Riyanto seorang pustakawan MTs N 2 Kota Semarang. “Generasi muda saat ini telanjur didominasi sistem komunikasi dengan telepon, dan sedikit membaca lembaran buku. Membangkitkan siswa untuk gemar membaca memang agak sulit, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat kami untuk terus menggairahkan mereka agar gemar membaca melalui perpustakaan digital. Kami terus menanamkan kesadaran kepada siswa bahwa dengan membaca akan membuka jendela dunia, mengetahui berbagai informasi yang bisa menjadi bekal kelak di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dengan mengusung tema “Membaca Langkah Pertamaku Menggapai Prestasi dan Cita-Cita”, MTs N 2 Kota Semarang menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam memperingati Harbuknas, diantaranya launching perpustakaan digital, lomba gambar poster, hibah buku, dan pembagian dorprise.

Kepala  MTs N 2 Kota Semarang, Ahmad Alfan, dalam sambutan pada kegiatan pembukaan perpustakaan digital menyampaikan, Harbuknas merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan minat baca bagi peserta didik. “Hari Buku nasional dalah momentum yang paling tepat khususnya bagi siswa untuk meningkatkan minat baca, karena dengan banyak membaca kita banyak memperoleh ilmu pengetahuan, yang akan berdampak pada berkembangnya pola pikir siswa sehingga menjadi cerdas,” ucapnya.

“Dalam rangka transformasi digitalisasi teknologi kepustakaan, maka MTs N 2 Kota Semarang mempersembahkan perpustakaan berbasis aplikasi digital. Kami imbau kepada Bapak/Ibu guru untuk ikut mensosialisasikan kepada siswa dan warga madrasah lainnya agar mengaktifkan aplikasi perpustakaan digital ini, karena aplikasi ini bisa diakses dimana saja danakapan saja,” imbuhnya.

Inisiasi perpustakaan digital, sungguh menarik minat siswa madrasah, terlihat antusiasme siswa yang berusaha mengakses aplikasi tersebut, dan tak hanya itu, jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan di sela-sela waktu istirahat.(Mursyid/NBA/bd)