Meraih Kelulusan Yang Bermakna

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Kepala Kantor Kemenag Kab.Pekalongan, Drs. H. Sukarno, M.M melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Madrasah di MTsN 2 Pekalongan. Beliau hadir sekitar pukul 10.00 WIB dan meninjau beberapa ruang diantaranya ruang sekretariat serta ruang ujian. Penyelenggaraan UM hari Selasa ini merupakan hari ke-6 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IX. Selasa (24/5/2022).

Berdasarkan kesepakatan dari KKM MTs Kab.Pekalongan, ujian tahun ini dilaksanakan secara tatap muka dan berbasis kertas. UM digelar selama 7 hari mulai tanggal 18 hingga 25 Mei 2022. Mapel yang diujikan berjumlah 15 mapel yakni Bahasa Indonesia, Al Quran Hadist, Bahasa Inggris, Fikih, Seni Budaya, Prakarya, Matematika, Akidah Akhlak, IPA, SKI, Bahasa Arab, IPS, Penjasorkes, Bahasa Jawa dan PKn.

Penyelenggaraan UM yang menempati 16 ruang ini menghadirkan pengawas internal berasal dari guru-guru MTsN 2 Pekalongan sendiri. Dalam monitoringnya, H. Sukarno menanyakan tentang kondisi pelaksanaan UM secara umum. Ia juga mengecek kelancaran dan ketertiban proses ujian. Selain itu, Kakankemenag juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan UM.

“Alhamdulillah, secara umum, ujian di MTsN 2 Pekalongan berjalan tertib, tenang dan semua siswa bisa mengikuti dengan baik. Semoga lancar hingga hari terakhir.” tuturnya.

Berdasarkan keterangan dari ketua panitia UM, Hj.Tuti Susilawati, S.Ag., M.Pd.I., Ujian Madrasah merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa kelas IX. Ada beberapa syarat lain agar siswa bisa dinyatakan lulus, diantaranya memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 6 tanpa predikat D (nilai di bawah KKM), memiliki nilai sikap minimal “Baik” serta mengikuti UM baik praktik maupun tulis.

“Selama 7 hari ini anak-anak kelas IX berangkat ke madrasah menempuh UM, sedangkan kelas VII dan VIII di rumah mengikuti PHB ke-3 secara online,” jelas Waka Kurikulum.

Lebih lanjut Waka Kurikulum menjelaskan jadwal PHB menyesuaikan UM sehingga memudahkan bapak/ibu guru dalam melaksanakan tugas. Secara teknis, dalam satu hari, ada 2-3 mapel yang diujikan. Waktu pengerjaan soal antara 90 s.d. 120 menit bergantung pada jenis mapelnya. Secara umum, pelaksanaan UM hingga hari ke-6 ini berjalan dengan baik dan lancar. Kehadiran 100%, semua siswa mengerjakan soal-soal yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, S.Pd.,M.Si., M.Pmat memberikan apresiasi yang tinggi atas suksesnya penyelenggaraan Ujian Madrasah tahun ini.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan pengawas ujian yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga UM berjalan lancar. Semoga seluruh siswa kelas IX mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan perjuangan mereka,” tuturnya. “Harapan kami tentu saja mereka meraih kelulusan yang bermakna karena telah berjuang keras selama 3 tahun di madrasah. Sekali lagi selamat atas suksesnya penyelenggaraan Ujian Madrasah.” harapnya. (Red/bd).