MI di Kota Semarang Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Gelar Upacara

Semarang, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada hari itu merupakan hari dimana Kihajar Dewantara menegakkan pendidikan di Indonesia.

Berdasarkan Kepres Nomor 316 Tahun 1959, Hardiknas ditetapkan pada tanggal 2 Mei, namun pada tahun 2022 ini Hardiknas bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, maka peringatan Hardiknas dilaksanakan pada Jumat (13/5/2022).

Peringatan tersebut juga dilakukan oleh beberapa madrasah di kota Semarang, seperti MI Hidayatul Mubtadiin dan MI Al Wathoniyyah. Hardiknas diperingati dengan melakukan upacara bendera.

Amat Komari Kepala MI Hidayatul Mubtadiin bertindak selaku pembina upacara Peringatan Hardiknas di madrasahnya. Dalam amanatnya ia menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan upacara untuk mengingat jasa para pahlawan. “Upacara bendera dilakukan dalam upaya mengingat kembali perjuangan para pendahulu kita dalam menegakkan pendidikan,” tuturnya.

Adapun petugas upacara adalah para dewan guru, sedangkan peserta upacara adalah seluruh siswa-siswi madrasah yang berseragam merah putih.

Sementara itu Abdur Rohman salah satu guru yang ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara mengatakan, mereka bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. “Kami para guru sangat serius dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas sebagai petugas upacara, karena disamping kami harus bertanggung jawab atas perintah pimpinan kami juga harus memberikan teladan yang baik terhadap anak didik kami,” ungkapnya.(SAW/NBA/bd)