MIN 2 Sukoharjo Sukses Gelar UM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 2 Sukoharjo — Hari Pertama pelaksanaan Ujian Madrasah di MIN 2 Sukoharjo pada Selasa (17/5/22) berjalan lancar dan sukses. MIN 2 Sukoharjo menyelenggarakan Ujian Madrasah (UM) pada 17 – 25 Mei 2022. UM ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VI dengan jumlah 180 siswa. Para peserta didik tampak serius menghadapi ujian terakhir yang mereka jalani selama pembelajaran di MIN 2 Sukoharjo.

Ujian Madrasah dilaksanakan untuk mengukur tingkat capaian kompetensi peserta didik yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada akhir jenjang pendidikan. Selain itu UM juga sebagai salah satu syarat untuk menentukan kelulusan peserta didik. Dalam hal ini pihak madrasah punya wewenang penuh dalam menentukan kelulusan siswa dalam belajar di madrasah.

Ditemui disela – sela kesibukannya, Kepala Madrasah menuturkan pelaksanaan UM pada hari pertama tersebut dapat berlangsung dengan baik dan sukses. “ Pada hari pertama pelaksanaan UM ini alhamdulillaah dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Untuk mata pelajaran yang diujikan adalah PPKn dan Al-Qur’an Hadist. Sistem ujian madrasah pada kali ini dilaksanakan dengan metode luring atau offline, namun ada juga yang melaksanakan ujian madrasah secara daring karena kondisi tertentu dan materi soal-soal yang diujikan dalam Ujian Madrasah (UM) diambil mulai materi kelas 4 sampai materi kelas 6, ” jelas Wiretno.

Masih menurut Wiretno, sebelum pelaksanaan UM ini  pihaknya telah mengadakan pembinaan bersama untuk para peserta didik pada jenjang akhir tersebut agar UM dapat berjalan dengan lancar.  “Semoga seluruh siswa dapat melaksanakan ujian madrasah dengan jujur dan sungguh-sungguh serta semoga hasilnya memuaskan, ” pungkas Wiretno.

Sementara itu, Bilal Abdul Ghani salah satu peserta UM mengaku telah mempersiapkan diri menghadapi UM ini dengan cara mempelajari materi-materi dari kelas 4 sampai kelas 6. “ Saya ulang kembali pelajaran-pelajaran dari kelas empat dan kelas enam, alhamdulillah tadi saya dapat mengerjakan UM dengan baik. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,” ujar Bilal sambil tersenyum gembira. (gun/djp/rf)