MTs Negeri 2 Pemalang Adakan Syiar Ramadhan 1443 H

Guru dan Karyawan MTs N 2 Pemalang melaksanakan tadarus Al-Qur’an

Pemalang (25-4-2022) – Sejak awal Ramadhan sampai tanggal 1 Mei 2022, MTsN 2 Pemalang mengadakan syiar ramadhan sebagai bentuk dakwah bil hal seperti pesantren kilat online via youtube, tadarus Al Qur’an bagi guru dan karyawan, setoran hafalan surat-surat Juz ‘Amma bagi kelas unggulan, berbagi takjil, beras dan sembako. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, siswa dan karyawan MTsN 2 Pemalang.

H. Shobirin selaku Kepala MTsN 2 Pemalang menuturkan bahwa syiar ramadhan tahun ini dikemas dengan beberapa acara diantaranya kultum ramadhan secara online via youtube, tadarus Al Qur’an bagi guru dan karyawan, setoran hafalan surat-surat Juz ‘Amma bagi kelas unggulan, berbagi takjil, beras dan sembako. Tujuan dari kegiatan syiar ramadhan ini adalah untuk mengisi hari-hari ramadhan dengan amal-amal sholeh yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Seiring dengan kegiatan ujian madrasah kelas IX secara offline mulai 11 sampai 21 April 2022, anak-anak kelas VII dan VIII belajar di rumah dengan mengikuti pesantren kilat secara online melalui chanel Youtube MTsN 2 Pemalang yang disampaikan oleh guru-guru rumpun PAI secara terjadwal dan tematik. Kegiatan ini dipantau langsung oleh para wali kelas melalui googleform sebagai bentuk laporan siswa yang telah mengikuti kajian ramadhan”, ucap Istighfariyah selaku waka kurikulum MTs N 2 Pemalang.

“Setiap harinya bagi anak-anak kelas 7 dan 8 unggulan secara perseorangan atau kelompok datang ke MTs untuk menyampaikan setoran hafalan surat-surat Juz ‘Amma sesuai kesiapannya kepada guru pembimbing. Dan pada siang harinya setelah sholat dhuhur berjamaah, guru dan karyawan mengikuti tadarus Al-Qur’an yang dibaca secara bergiliran 1 sampai 3 muqro’ sampai jam 14.00 WIB di musholla Baiturrohman MTsN 2 Pemalang. Ini berjalan secara rutin setiap hari selama bulan ramadhan. Sebagai puncak dari kegiatan tadarus Al-Qu’an diadakan khataman akbar yang ditutup dengan tausyiyah oleh kyai Ripai pada hari sabtu 23 April 2022”, Jelas Aproni selaku Pembina Keagamaan.

Sementara itu, pengurus OSIS dan Pramuka juga melakukan kegiatan sosial dengan membagikan takzil kepada masyarakat luas dan beras serta sembako sebagai ujud gerakan MTs Berbagi kepada siswa-siswa dari keluarga tidak mampu dan masyarakat miskin di sekitar lingkungan MTsN 2 Pemalang.

“Kegiatan sosial ini merupakan infaq ramadhan yang terkumpul dari siswa-siswi dan guru serta karyawan MTsN 2 Pemalang. Kegiatan ini digelar untuk mendidik siswa-siswa untuk berjiwa sosial dan peduli dengan sesama disamping untuk menyempurnakan ibadah puasa dan melengkapi agenda syiar ramadhan MTsN 2 Pemalang”, tegas Untung Budiono selaku waka kesiswaan.(su/fi/rf)